Jika Masyarakat Tak Juga Sadar Bahayanya, Indonesia Takkan Bebas dari Corona :: Nusantaratv.com

Jika Masyarakat Tak Juga Sadar Bahayanya, Indonesia Takkan Bebas dari Corona

Karena negara-negara maju saja kewalahan menghadapi pandemi covid-19
Jika Masyarakat Tak Juga Sadar Bahayanya, Indonesia Takkan Bebas dari Corona
Pemakaman dengan standar penanganan covid-19. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Masyarakat harus senantiasa disadarkan akan bahaya dan kerugian akibat virus corona. Sebab jika tidak, jangan harap upaya pencegahan penyebaran virus tersebut bisa berjalan efektif. Hal ini diutarakan Sosiolog Universitas Indonesia (UI) Imam Prasodjo. 

Baca juga: WHO: Corona Bersama Kita untuk Waktu yang Lama 

"Ini adalah bukan hal yang main-main. Kita tahu, tantangan kita, adalah bagaimana mengurangi kemungkinan membanjirnya pasien," ujar Imam dalam diskusi di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Kamis (24/4/2020). 

Ia mengajak masyarakat berkaca pada negara-negara maju di dunia, yang kesulitan menangani covid-19, seperti Italia. 

Menurutnya, negara maju yang memiliki segala sumber daya terbaik saja bisa kelabakan menghadapi pandemi corona, apalagi negara berkembang atau miskin. 

"(Di negara maju saja) dokter bertumbangan. Terus alat-alat kesehatan kurang. Nah, itu jangan sampai terjadi," tuturnya. 

Imam pun berharap agar kondisi seperti itu tak terjadi di daerah. Karena ia tak bisa membayangkan jika Jakarta yang memiliki fasilitas dan sumber daya manusia (SDM) lengkap saja kerepotan, apalagi di daerah maupun pelosok. 

"Apalagi, kalau ini terjadi di desa-desa, di daerah-daerah. Jakarta sekarang saja sudah kewalahan, apalagi kalau di kabupaten-kabupaten yang tenaga medisnya sangat terbatas," tutur Imam.

Karena itu sejak dini, meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap risiko yang timbul akibat corona menurutnya penting dilakukan. 

Di samping, masyarakat terus menggelorakan semangat solidaritas di tengah pandemi. Sehingga beban yang didapat semasa wabah corona, menjadi lebih ringan dipanggul. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0