Jenguk Habibie, Xanana Gusmao Cium Kening dan Menangis Bersama :: Nusantaratv.com

Jenguk Habibie, Xanana Gusmao Cium Kening dan Menangis Bersama

Xanana merupakan eks pemimpin Timor Leste yang sempat dibebaskan Habibie dari tahanan
Jenguk Habibie, Xanana Gusmao Cium Kening dan Menangis Bersama
Xanana cium kening Habibie. (Twitter @KatolikG)

Jakarta, Nusantaratv.com - Sebuah video yang menunjukkan Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie dijenguk Presiden pertama Timor Leste, Xanana Gusmao, viral di media sosial, Kamis (12/9/2019). 

Dalam video, Habibie yang terbaring terlihat dicium keningnya oleh Xanana. Ia juga sempat menepuk-nepuk dada suami Hasri Ainun Besari itu. 

Habibie pun membalas dengan memeluk Xanana. Jarinya mengusap-usap kepala Xanana, seolah hendak menenangkan pria itu. 

Pada video berdurasi 17 detik itu raut wajah keduanya larut dalam kesedihan. Keduanya nampak menangis bersama. 

"Xanana Gusmao saat menjenguk BJ Habibie.. penuh haru dan penuh rasa kemanusiaan.. Tisu mana tisu...," tulis akun Twitter yang mengunggah video tersebut, @KatolikG, Kamis (12/9/2019). 

Kabarnya, video diambil ketika Xanana meminta izin menggunakan nama Habibie untuk sebuah jembatan di Timor Leste. Karena tak bisa hadir pada peresmian jembatan pada 30 Agustus 2019 lalu, Xanana akhirnya mendatangi Habibie yang saat itu tengah dirawat di rumah sakit.

Xanana sendiri bukan nama asing bagi Habibie. Semasa menjadi presiden, Habibie membebaskan Xanana dari tahanan politik. Xanana ditahan karena memimpin pasukan gerilya di Timor Timur, untuk melawan pemerintah Indonesia. 

Xanana juga merupakan Presiden pertama Timor Leste. Timor Leste bisa merdeka dari Indonesia, setelah Habibie mengizinkan masyarakat di sana melaksanakan referendum atau jajak pendapat. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0