Ini Penyebab Target Tes Corona Jokowi Terlampaui :: Nusantaratv.com

Ini Penyebab Target Tes Corona Jokowi Terlampaui

Pada Selasa kemarin lebih dari 12 ribu spesimen terkait corona telah diuji
Ini Penyebab Target Tes Corona Jokowi Terlampaui
Achmad Yurianto.

Jakarta, Nusantaratv.com - Target Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar pengetesan virus corona mencapai 10 ribu per hari, telah tercapai. Pada Selasa (19/5/2020), 12.276 spesimen terkait corona telah diuji. 

Baca juga: Ketua MPR Minta Pelonggaran PSBB Ditunda 

Juru bicara pemerintah dalam penanganan corona Achmad Yurianto menjelaskan, identifikasi corona yang melampaui target tersebut dipengaruhi oleh jumlah laboratorium yang telah beroperasi.

"Iya kan sudah 12-ribuan, karena laboratorium jalan," ujar Yurianto. 

Meski begitu, kendati jumlah spesimen yang diperiksa meningkat, tapi laporan kasus pada Selasa tak jauh berbeda dengan dibandingkan hari sebelumnya. 

Yurianto menjelaskan, penambahan jumlah spesimen yang diperiksa bukan berarti jumlah kasus positif juga bakal bertambah.

"Apakah kemudian kasus pemeriksaan spesimen banyak, kasus positifnya juga harus banyak. Kan enggak toh, kalau data yang ditemukan ya seperti itu yang dilaporkan," kata dia.

Menurut Yurianto kasus baru akan bertambah jika perintah PSBB tak dijalankan. Ia pun menyayangkan terjadinya kerumunan massa di sejumlah titik beberapa hari terakhir.

"Kalau penyakitnya mau dikendalikan ya aktivitas orangnya yang dikendalikan. Kalau tidak bisa dikendalikan akan naik terus aja. Kalau angkanya naik terus gimana mau dikendorkan, orang masih kencang aja masih naik gimana dikendorin," tuturnya.

"Yang menarik itu kan kepatuhan kita kan. Nah sekarang aja PSBB belum dicabut kelakuannya kayak gini, penuh di mana-mana. Saya di jalan pun juga macet, kalau kayak gini akan mudur lagi, mundur lagi ya gitu aja," imbuh Yurianto. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0