Ini Jamaah yang Berhak Lunasi Biaya Haji, Bisa Dicek di Aplikasi Haji Pintar :: Nusantaratv.com

Ini Jamaah yang Berhak Lunasi Biaya Haji, Bisa Dicek di Aplikasi Haji Pintar

Jamaah haji Indonesia Sesuai Rencana Akan Masuk Asrama Pada  25 Juni 2020 dan Berangkat ke Tanah Suci Mulai 26 Juni 2020.
Ini Jamaah yang Berhak Lunasi Biaya Haji, Bisa Dicek di Aplikasi Haji Pintar
Ilustrasi jamaah haji. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Mulai hari ini atau 19 Maret 2020, jamaah haji bisa melakukan pelunasan biaya penyelenggaraan ibadah haji (Bipih) 1441H (2020).

Pada tahap pertama, pelunasan akan berlangsung mulai dari 19 Maret hingga 17 April 2020. Lantas, siapakah jamaah haji yang berhak melunasi Bipih tahun ini?

Muhajirin Yanis, Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri, mengatakan pihaknya telah merilis daftar nama jamaah berhak lunas pada laman haji.kemenag.go.id. Daftar nama tersebut juga bisa dicek langsung di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten/Kota setempat.

"Untuk memudahkan jamaah, kami juga siapkan aplikasi haji pintar sehingga jamaah bisa melakukan pengecekan dari rumah masing-masing," kata Muhajirin, dilansir dari laman kemenag.go.id, Kamis (19/3/2020).

Baca Juga: Protokol Pencegahan COVID-19 Diterapkan Dalam Seleksi Petugas Haji Kemenag

Dijelaskannya, aplikasi haji pintar tersedia di Play Store. Aplikasi tersebut bisa di download dengan nama 'Haji Pintar' dengan icon Kabah dan tulisan 'Haji Pintar'.

(Foto: Dok. Humas Kemenag)

Kemudian, setelah di download dan membuka aplikasinya, untuk mengecek apakah termasuk yang berhak melunasi Bipih tahun ini, jamaah bisa memilih menu 'Informasi Jamaah Haji', lalu 'Informasi Pelunasan'. 

Setelah itu, masukan nomor porsi dan akan muncul tampilan informasi sebagai berikut:

Nomor Rekening:
Tahap Pelunasan:
Status Cadangan:
Embarkasi:
Bipih:
Setoran Awal:
Nilai Manfaat:
Jumlah Pelunasan:
Status Pelunasan:
Status Istithaah:

"Semoga ini bisa memudahkan jamaah haji," tutur Muhajirin.

Lebih lanjut, dia mengatakan proses persiapan haji terus berjalan. Jamaah haji Indonesia, sesuai Rencana Perjalanan Haji, akan masuk asrama pada  25 Juni 2020 dan berangkat dari Tanah Air menuju Tanah Suci mulai 26 Juni 2020.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0