Ini Cara Efektif Tangkal Corona Pakai Masker Kain :: Nusantaratv.com

Ini Cara Efektif Tangkal Corona Pakai Masker Kain

Masker dipakai tak lebih dari tiga hingga empat jam
Ini Cara Efektif Tangkal Corona Pakai Masker Kain
Masker kain. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Penggunaan masker kain untuk mengantisipasi penyebaran virus corona disarankan tak lebih dari empat jam. Sehingga pemakaiannya bisa tetap optimal. 

Baca juga: Mulai Hari Ini Masyarakat Harus Pakai Masker Kalau Keluar Rumah 

"Masker kain bagi orang yang sehat maksimal dipakai tiga sampai empat jam, setelah itu harus diganti," ujar pakar Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu (15/4/2020). 

Wiku juga mempraktikkan cara melepas kain penutup hidung dan mulut itu dengan benar. 

Pertama-tama, ia melepas pengait masker di telinga kanan dengan tangan kanan, lalu melepas pengait masker di telinga kiri dengan tangan kiri. Berikutnya ia memasukkan masker tersebut ke dalam kantung plastik untuk kemudian dapat dicuci dan dipakai kembali.

Usai membuka masker dan menyimpannya ke dalam kantung plastik, Wiku juga mengingatkan agar setelah mencuci tangan dengan air dan sabun atau menggunakan hand sanitizer. 

Bagi orang-orang yang berada di luar rumah, Wiku mengajak agar masyarakat saling mengingatkan pentingnya penggunaan masker. Baik bagi orang yang sehat, maupun orang yang kurang sehat atau memiliki gejala corona. 

"Kita memakai masker untuk melindungi orang lain. Siapa tahu kita terinfeksi covid-19 tapi tidak memiliki gejala. Jadi pakai masker supaya orang lain tidak tertular," jelas Miku.

"Bagi orang yang belum memakai masker saat berada di luar rumah, kita dapat mengajak mereka atau bahkan memberikan masker bersih," imbuhnya.

Tak harus membeli, masker buatan sendiri juga bisa digunakan untuk menangkal droplet atau percikan air liur seseorang yang terinfeksi corona. 

Ia merekomendasikan masker yang berbahan dasar kain katun, menggunakan tiga lapis kain, yang disesuaikan dengan bentuk wajah.

"Yang penting adalah menutup dagu, mulut, sampai pipi," tandasnya. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0