Ibu Kota Baru Gunakan Tanah Milik Konglomerat Sukanto Tanoto, Ini Tanggapan Menteri Sofyan Djalil :: Nusantaratv.com

Ibu Kota Baru Gunakan Tanah Milik Konglomerat Sukanto Tanoto, Ini Tanggapan Menteri Sofyan Djalil

Tanah yang akan digunakan untuk lokasi ibu kota baru sebagian besar milik Sukanto Tanoto, dan berstatus HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah.
Ibu Kota Baru Gunakan Tanah Milik Konglomerat Sukanto Tanoto, Ini Tanggapan Menteri Sofyan Djalil
Tanah untuk lokasi Ibu Kota di Kalimantan Timur milik Sukanto Tanoto. (Istimewa)

Jakarta, Nusantaratv.com - Tanah yang sedianya akan dijadikan sebagai Ibu Kota baru di Kalimantan Timur (Kaltim) dikabarkan milik salah satu konglomerat Indonesia, Sukanto Tanoto. Tanah itu berstatus Hutan Tanaman Industri (HTI). 

"Saya baru dikasih tahu resmi bahwa tanah itu sebagian besar tanah HTI miliknya Sukanto Tanoto, HTI yang setiap saat bisa diambil oleh pemerintah," ujar Ketua Dewan Pertimbangan Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) Mohamad Suleman (MS) Hidayat, di Jakarta, dikutip dari Merdeka.com, Rabu (19/9/2019).

Baca Juga: Ibu Kota Pindah, Ini Saran Dekan UI

Terpisah, pemerintah melalui Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, mengatakan dengan status HTI, maka pemerintah bisa mengambil alih lahan tersebut, dimana Kementerian Kehutanan bisa mengoreksi konsesi.

"Itu kan statusnya hutan tanah industri. Itu yang tahu Menteri Kehutanan, saya tidak bisa ngomong. Coba tanya Menteri Kehutanan," jelas Sofyan, di Kantor Kemenko Perekonomian, di Jakarta.

Ditegaskannya, bahwa sesuai dengan ketentuan yang ada, Menteri Kehutanan bisa mengoreksi konsesi. "Yang penting adalah tanah untuk keperluan ibu kota itu masuk HTI, itu akan dikurangin dan akan dilepaskan dari HTI," tegas Sofyan.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0