Gara-gara Corona Mudik Lebaran Dilarang? :: Nusantaratv.com

Gara-gara Corona Mudik Lebaran Dilarang?

Rencana ini menyikapi mewabahnya corona di Tanah Air
Gara-gara Corona Mudik Lebaran Dilarang?
Antrean kendaraan saat mudik lebaran. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah tengah mengkaji pelarangan mudik Lebaran 2020. Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran virus corona. 

Baca juga: Besok Alkes Penanganan Corona dari China Tiba di Halim 

"Tadi didiskusikan apakah mudik akan dilakukan seperti biasa atau ada peninjauan ulang, atau bahkan ekstremnya dilarang. Tapi ini belum diputuskan," ujar Staf Khusus Menteri Perhubungan Adita Irawati, dalam video conference, Jumat (20/3/2020).

Mudik menjadi pembahasan dalam penanganan corona, lantaran melibatkan orang banyak yang berkerumun, serta berpindah ke wilayah lain, sehingga berpotensi makin memperparah penularan corona di Indonesia.

"Mudik itu sendiri kita tahu, pengumpulan massa dihindari. Bicara mudik sudah terbayang seperti apa akan terjadi perkumpulan masyarakat," jelas Adita.

Menurut Adita, konsentrasi pemerintah saat ini ialah mencegah penyebaran corona. Sehingga, mudik menggunakan transportasi umum ataupun pribadi masih akan dibahas lebih lanjut oleh tim khusus.

"Bagaimana mudik gratis? Ini juga sedang dibahas apakah akan dilarang, ditiadakan, atau dibatasi," tandasnya. 

Diketahui, penyebaran corona di Tanah Air terus memburuk. Jumlah korban meninggal per Minggu (22/3/2020) pukul 12.00 WIB, mencapai 48 orang. Sementara total, 514 terinfeksi covid-19 dan 29 pasien dinyatakan sembuh. 

Perayaan hari raya Idul Fitri sendiri jatuh pada bulan Mei 2020. 

Di lain sisi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memperpanjang status darurat bencana akibat corona hingga 29 Mei 2020.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0