Gak Cuma Ngomongin Lockdown, Anies Diminta Bikin Warga Betah di Rumah :: Nusantaratv.com

Gak Cuma Ngomongin Lockdown, Anies Diminta Bikin Warga Betah di Rumah

Distribusi KJP maupun KJMU yang lebih cepat dinilai teramat membantu di masa seperti sekarang
Gak Cuma Ngomongin Lockdown, Anies Diminta Bikin Warga Betah di Rumah
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan diminta tak hanya bicara karantina wilayah atau lockdown sebagai penanggulangan wabah virus corona di Ibu Kota. Anies diharapkan fokus juga terhadap bantuan sosial yang sudah ada, terhadap masyarakat terdampak covid-19.

Baca juga: Presiden Jokowi Minta Perusahaan Tetap Berikan THR Lebaran 

Sehingga, mereka lebih tenang berada di rumah, dan akhirnya kebijakan physical distancing atau social distancing pemerintah berjalan. 

"Pak Gubernur seyogianya tidak hanya bicara soal lockdown atau karantina wilayah. Masih banyak yang bisa dilakukan untuk membuat warga Jakarta lebih tenang di tengah ancaman corona ini," ujar Anggota Komisi B DPRD DKI Jakarta, Steven Setiabudi Musa, Kamis (2/4/2020).

Salah satu langkah nyata yang bisa dibuat Anies dan itu sangat membantu masyarakat saat ini, ialah mempercepat pemberian Kartu Jakarta Pintar (KJP) dan Kartu Jakarta Mahasiswa Unggul (KJMU). Distribusi anggaran pada kedua kartu yang sebelumnya satu bulan sekali, diharapkan Steven kini bisa dilakukan satu minggu sekali. 

"Itu pasti sangat membantu. Berikan mereka Rp 150 ribu per minggu. Pemprov bisa kok," kata dia. 

Steven menilai kebijakan tersebut tak sulit untuk direalisasikan karena dananya ada dan sudah dialokasikan. Tinggal dipecah saja, untuk kemudian dibagikan setiap pekan. 

KJP sendiri diberikan kepada siswa SD, SMP dan SLTA. Dana tunai yang diberikan jumlahnya bervariasi. KJP sangat membantu para orangtua, khususnya dari keluarga kurang mampu. Sementara KJMU diberikan kepada mahasiswa dan baru bisa diberikan di akhir bulan. Pencairannya terkadang bisa dua atau tiga bulan sekali.

"Adanya kebijakan itu bisa membuat mereka lebih tenang dan nyaman saat harus tinggal di rumah lebih lama lagi sekarang ini," tandas anggota Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI ini.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0