Erick Thohir: Kimia Farma Siap Produksi Obat Corona :: Nusantaratv.com

Erick Thohir: Kimia Farma Siap Produksi Obat Corona

Jika terbukti ampuh, BUMN tersebut menurut Erick akan kembali memproduksi klorokuin
Erick Thohir: Kimia Farma Siap Produksi Obat Corona
Menteri BUMN Erick Thohir. (Elvan J. Siagian)

Jakarta, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut akan menyiapkan tiga juta chloroquine atau klorokuin, sebagai obat untuk penyembuhan virus corona.

Baca juga: Gara-gara Corona Mudik Lebaran Dilarang? 

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengungkapkan, perusahaan pelat merah PT Kimia Farma, memiliki sekitar tiga juta klorokuin.

"Kalau satu pasien membutuhkan sekitar 50 butir setidaknya ada 60.000 pasien yang bisa mendapatkan obat ini. Kalau memang (klorokuin) efektif tentunya PT Kimia Farma akan memproduksi kembali," ujar Erick melalui keterangan tertulis, dikutip Minggu (22/3/2020).

Jokowi juga menyebut akan mendatangkan obat corona lainnya yakni avigan. Kedua obat tersebut diketahui dipakai sejumlah negara untuk menyembuhkan corona, dan terbukti ampuh.

Menurut Erick, BUMN siap membantu pemerintah dalam pengadaan avigan dari Jepang.

BUMN bersama Kedutaan Besar Indonesia di Tokyo, telah meminta pembuat avigan untuk memasok ke Indonesia.

"Avigan sekarang ini sudah diminta oleh banyak negara untuk mengobati mereka yang terjangkit virus corona," jelas Erick.

Sementara, juru bicara pemerintah dalam penanganan corona, Achmad Yurianto, mengimbau masyarakat tak membeli dan menyimpan obat jenis klorokuin. Sebab obat yang dikenal untuk menyembuhkan malaria itu, bukan untuk mencegah covid-19.

Klorokuin menurutnya juga merupakan jenis obat keras yang tak boleh sembarangan dikonsumsi, karena harus menggunakan resep dokter.

"Klorokuin obat digunakan untuk penyembuhan. Bukan pencegahan. Maka masyarakat tidak perlu membeli dan menyimpan klorokuin," ujar Yurianto dalam konferensi pers di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Sabtu (21/3/2020).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0