Doni Monardo: PSBB Dicabut Tak Serta-Merta Keluar dari Situasi Darurat :: Nusantaratv.com

Doni Monardo: PSBB Dicabut Tak Serta-Merta Keluar dari Situasi Darurat

Sebab wabah corona telah menjadi bencana nasional
Doni Monardo: PSBB Dicabut Tak Serta-Merta Keluar dari Situasi Darurat
Doni Monardo. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Ketua Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menegaskan bahwa penghentian penerapan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di suatu wilayah, tak membuat kondisi daerah tersebut keluar dari situasi kedaruratan kesehatan virus corona (covid-19).

Baca juga: Nadiem: Keputusan Dibukanya Sekolah Saat Pandemi di Tangan Gugus Tugas 

Menurut dia, masyarakat harus tetap mematuhi kondisi kedaruratan kesehatan seperti yang diatur dalam UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. 

"Apabila PSBB dicabut tidak serta-merta kita menjadi keluar dari situasi kedaruratan. Jadi bukan berarti kita tidak mengikuti lagi UU tentang Kesehatan," ujar Doni, Rabu (20/5/2020). 

Doni meminta masyarakat tetap harus menerapkan protokol kesehatan, sebab wabah corona termasuk bencana nonalam yang ditetapkan sebagai bencana nasional, sesuai Keppres Nomor 12 Tahun 2020. 

"Jadi pandemi covid-19 ini adalah bencana nonalam yang statusnya bencana nasional. Dua aturan ini jadi pedoman kita dalam menyelenggarakan kegiatan ke depan," kata dia. 

Diketahui, beberapa wilayah di Indonesia memberlakukan PSBB guna menekan laju penularan corona. Meski begitu, pemerintah pusat mewacanakan pelonggaran PSBB, pasca menilai adanya tren penurunan kasus positif covid-19.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0