Doni Monardo: Kalau Ada Kerumunan, Jadi Patriot, Ingatkan Jaga Jarak :: Nusantaratv.com

Doni Monardo: Kalau Ada Kerumunan, Jadi Patriot, Ingatkan Jaga Jarak

Ia mengajak masyarakat berani mengambil tindakan jika ada potensi-potensi yang membuat penyebaran corona semakin luas
Doni Monardo: Kalau Ada Kerumunan, Jadi Patriot, Ingatkan Jaga Jarak
Doni Monardo. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah meminta masyarakat berperan aktif dalam pencegahan virus corona. Termasuk tak ragu mengingatkan masyarakat lainnya apabila muncul tindakan-tindakan yang berpotensi membuat pandemi covid-19 semakin merebak.

Baca juga: Ada 44 Ribu ODP dan 11 Ribu PDP yang Diawasi Pemerintah 

Menurut Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo, upaya tersebut merupakan tindakan patriotik.

Awalnya, Doni mengajak masyarakat mempelajari virus corona. Tujuannya agar langkah penanggulangan bisa dilakukan.

"Oleh karenanya apabila kita ingin tetap mampu sukses menghadapi masa pandemi ini, maka kita sebagai bangsa harus belajar dengan lebih giat untuk memahami bagaimana virus ini," ujar Doni usai ratas melalui akun YouTube Sekretariat Kabinet RI, Rabu (20/5/2020).

Doni pun mengutip paparan Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, tentang risiko bahaya virus yang bisa ditekan. Dia lalu menuturkan langkah-langkah untuk menekan risiko bahaya virus mulai dari sikap disiplin dan kesadaran kolektif yang tinggi.

"Tadi Bapak Menteri sudah menjelaskan bahwa virus ini bisa dikurangi risiko bahayanya. Nah langkah-langkah seperti ini sangat kita butuhkan, mulai tingkat disiplin yang tinggi, kesadaran kolektif yang tinggi. Kalau ada kerumunan, salah satu di antaranya harus berani tampil sebagai patriot," kata dia.

Sikap patriot yang ia maksud adalah berani mengingatkan orang-orang di sekeliling untuk menerapkan jaga jarak atau physical distancing di mana pun lokasinya.

"Mengingatkan yang lainnya untuk segera jaga jarak, jangan berdekatan. Dan itu harus dilakukan di berbagai daerah, di beberapa tempat, apakah itu di bandara dan mana saja di antara masyarakat kita. Diharapkan ada yang berniat mengingatkan," tandas mantan Danjen Kopassus.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0