Besok Penentuan Jakarta Di-lockdown atau Enggak :: Nusantaratv.com

Besok Penentuan Jakarta Di-lockdown atau Enggak

Menurut Budi keselamatan masyarakat lebih utama dari apa pun
Besok Penentuan Jakarta Di-lockdown atau Enggak
Kota Jakarta. (Detik)

Jakarta, Nusantaratv.com - Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdat) Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi mengusulkan lockdown atau karantina wilayah diberlakukan Jakarta dan sekitarnya guna menekan penyebaran virus corona. 

Baca juga: Jakarta Lockdown Mulai Senin? 

Hal ini rencananya ia sampaikan dalam rapat dengan Plt Menteri Perhubungan Luhut Binsar Panjaitan. Setelah rapat internal, hasilnya akan disampaikan pada rapat bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi). 

Pihaknya sendiri telah menyiapkan skenario penutupan akses masuk dan keluar Jakarta, apabila diputuskan akhirnya dikarantina. 

"Besok ada rapat, di rapat itu kita harapkan, saya merekomendasikan dalam rapat itu kalau bisa Jakarta, Jabodetabek itu sudah dikarantina. Tapi tergantung rapat dengan Pak Menko Maritim," ujar Budi, Minggu (29/3/2020).

"Tapi kami sudah siapkan skemanya saja, kalau rapat besok sudah tidak boleh keluar, protokolnya seperti itu," imbuhnya. 

Penutupan akses keluar dan masuk Ibu Kota sendiri penting dilakukan mengingat masih banyaknya masyarakat yang mudik ke kampung halaman akibat virus corona. Padahal pemerintah telah menyampaikan imbauan agar masyarakat di Jakarta tak mudik. Kondisi ini, menurut Budi terjadi menyusul melambatnya perekonomian di DKI. 

Budi mengaku, pihaknya sudah berbicara dengan Korlantas Polri danu Polda Metro Jaya mengenai skenario karantina Jakarta. 

Pihak kepolisian dan dinas perhubungan di masing-masing wilayah, secara teknis telah memiliki skema sekaligus titik-titik yang akan ditutup aksesnya.

Karantina menurutnya opsi terbaik, karena 
saat ini yang terpenting ialah mengutamakan keselamatan masyarakat dari bahaya covid-19, dibanding lainnya. 

"Itu yang utama, kalau memperdebatkan masalah ekonomi terus nggak akan ketemu," tandasnya. (Kompas.com) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0