Wapres Ma'ruf Sebut Revolusi 4.0 Juga Bisa Berdampak Negatif :: Nusantaratv.com

Wapres Ma'ruf Sebut Revolusi 4.0 Juga Bisa Berdampak Negatif

Ma'ruf tetap menilai penting akhlak dan iman di tengah perubahan
Wapres Ma'ruf Sebut Revolusi 4.0 Juga Bisa Berdampak Negatif
Wapres Ma'ruf Amin saat berolahraga raga dengan anggota TNI AU.

Jakarta, Nusantaratv.com - Wakil Presiden Ma'ruf Amin menilai perubahan seperti yang berlangsung pada revolusi industri 4.0, juga bisa berdampak negatif. 

Baca juga: Wapres Ma'ruf Sebut Jalur Militer Tak Efektif Atasi Konflik 

"Era sekarang ini era 4.0 terjadi disrupsi, pembalikan keadaan. Perubahan tersebut membawa nilai positif jika mengandung nilai-nilai universal dan bermanfaat bagi pembangunan manusia seutuhnya. Nilai kerja keras, disiplin, rasional, kreativitas, dan orientasi keilmuan," ujar Ma'ruf di Wisuda S1 Angkatan XXIII STIA Sihalahuddin Al Ayyubi Jakarta, Asrama Pondok Haji, Pondok Gede, Jakarta Timur, Minggu (26/1/2020).

Perubahan, kata Ma'ruf bisa berdampak buruk, seperti timbulnya korupsi hingga kekerasan.

"Namun perubahan tersebut juga bisa membawa dampak negatif. Misalnya munculnya keserakahan yang dihasilkan dari materialisme dan hedonisme yang tidak disertai dengan moralitas sehingga menghasilkan sikap dan tindakan yang tidak terpuji, seperti korupsi, manipulasi, penyalahgunaan wewenang, penghalalan segala cara, pemerasan, kekerasan pornografi, pergaulan bebas, dan lain sebagainya," papar dia. 

Karenanya ia menilai penting keimanan, ketakwaan, dan akhlak di segala sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Tak terkecuali dalam mengelola negara.

"Keberadaan akhlak ini penting dalam konteks pengelolaan negara yang baik, good governance. Pembangunan bangsa yang maju, beradab, moralitas dan akhlak yang tangguh akan menjadi modal di persaingan global dan tak dapat dihindari," tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0