Wali Kota Tertular Corona, Tito Minta Warga Bogor Tak Panik :: Nusantaratv.com

Wali Kota Tertular Corona, Tito Minta Warga Bogor Tak Panik

Menurut dia sudah ada prosedur yang berlaku apabila Wali Kota Bogor tak bisa menjalankan tugasnya sementara
Wali Kota Tertular Corona, Tito Minta Warga Bogor Tak Panik
Mendagri Tito Karnavian. (Ist)

Jakarta, Nusantaratv.com - Wali Kota Bogor Bima Arya positif terinfeksi virus corona. Menyikapi kondisi ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta warga Kota Bogor tak panik.

Baca juga: Pulang dari Luar Negeri, Wali Kota Bogor Positif Corona 

Menurut Tito, sudah ada prosedur dan mekanisme yang berlaku agar pelayanan terhadap warga Bogor tetap berjalan kendati kepala daerah izin sementara karena dirawat untuk penyembuhan covid-19.

"Masyarakat tidak perlu panik bila kepala daerahnya dikabarkan positif terkena virus corona. Telah ada mekanisme yang mengatur fungsi pemerintahan dan pelayanan publik terjamin berlangsung terus di saat kepala daerah berhalangan sementara akibat izin sakit," ujar Tito, disampaikan oleh Staf Khusus Mendagri Kastorius Sinaga, dalam keterangan tertulis, Jumat (20/3/2020).

Menurut Kastorius, Mendagri menyatakan para kepala daerah yang terjangkit corona segera melakukan isolasi diri sesuai dengan protokol penanganan medis rumah sakit rujukan.

Tito juga meminta agar orang-orang yang berinteraksi dengan kepala daerah yang positif corona, segera melaporkan diri ke petugas kesehatan untuk dilakukan pemeriksaan.

"Agar dimasukkan ke dalam kategori pengawasan dan sesegera mungkin mengambil tindakan, seperti self isolation, sesuai protokol medis," jelasnya.

Tito pun telah melarang para kepala daerah untuk melakukan perjalanan dinas ke luar negeri di tengah wabah corona yang menyebar ke sejumlah negara dunia.

Tito turut meminta agar kepala daerah mengurangi acara rapat dan sementara tak melakukan perjalanan dinas jika tak mendesak.

"Kepala daerah juga diminta proaktif memantau dan menunda kegiatan-kegiatan sosial keagamaan dan budaya yang menghimpun orang banyak di daerahnya untuk mencegah penularan virus corona," papar Tito.

Bima Arya positif terinfeksi corona usai pulang dari Turki dan Azerbaijan dalam rangka kunjungan kerja pada Senin (16/3/2020) lalu. Di samping Bima, ada satu pejabat Pemerintah Kota Bogor yang juga positif covid-19.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0