Virus Corona Semakin Menggila, Empat Daerah Memutuskan Karantina Wilayah :: Nusantaratv.com

Virus Corona Semakin Menggila, Empat Daerah Memutuskan Karantina Wilayah

Sebelumnya Presiden menegaskan, bahwa pemerintah pusat tidak akan mengambil keputusan lockdown
Virus Corona Semakin Menggila, Empat Daerah Memutuskan Karantina Wilayah
Sebuah desa yang berada di Sleman / Foto: Tribunnews

Jakarta, Nusantaratv.comVirus corona semakin menggila. Bahkan, hingga hari ini sebanyak 1.285 orang sudah terinfeksi dengan catatan 114 meninggal dunia, 64 sembuh. Sisanya masih berjuang antara hidup atau mati.

Melihat catatan tersebut, sejumlah daerah juga sudah memutuskan untuk mengkarantina wilayahnya masing-masing.

Padahal sebelumnya Presiden tercinta Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan 34 gubernur se-Indonesia lewat video conference menegaskan, bahwa pemerintah pusat tidak akan mengambil keputusan lockdown.

Namun, perhari ini sudah tercatat sudah ada empat wilayah yang melakukan karantina, diantaranya Bali, Tegal, Tasikmalaya dan Papua.

1. Bali

Gubernur Bali I Wayan Koster melalui surat edaran menegaskan masyarakat Bali untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Masyarakat diimbau untuk mengurangi dan menunda perjalanan keluar dan ke dalam Bali.

Tidak hanya itu, masyarakat Bali juga diminta untuk melakukan aktivitas seperti belajar hingga beribadah di dalam rumah.

"Tidak berkumpul, mengurangi interaksi, pengumpulan massa dan menjaga jarak sosial dengan mengurangi aktivitas di luar rumah, bekerja di rumah, belajar di rumah dan beribadah di rumah," kata Koster dalam surat edaran, Jumat (27/3/2020).

  1. Virus Corona Hancurkan Perekonomian Negara, Menkeu Jerman Bunuh Diri

2. Tegal

Mulai hari ini, Senin 30 Maret 2020, kota Tegal sudah mulai menerapkan mekanisme isolasi wilayah atau karantina wilayah. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono menyebut, hal ini dilakukan untuk melindungi warga Solo dari wabah virus corona.

"Isolasi wilayah ini untuk melindungi warga Kota Tegal dari penularan Corona," kata Dedy, Sabtu (28/3/2020).

3. Tasikmalaya

Tasikmalaya akan menerapkan karantina wilayah pada Selasa 31 Maret 2020. Pemkot Tasikmalaya mengatakan, pihaknya akan meminimalisir masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman.

"Kita meminimalisir yang mudik dan pulang kampung karena banyak sekali sekarang pabrik yang tutup di Jabodetabek dan sebagainya. Kami sepakati rencana Selasa (31 Maret) akan karantina wilayah," kata Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman, Sabtu (28/3/2020).

4. Papua

Provinsi Papua sudah lebih dulu melakukan penutupan akses keluar-masuk dari pintu laut (pelabuhan), udara (bandara), maupun darat (PLBN). Penutupan ini berlaku sejak 26 Maret hingga 8 April 2020.

Keputusan penutupan merupakan hasil kesepakatan bersama, yang dipimpin oleh Gubernur Lukas Enembe dan diteken oleh Kapolda Papua hingga Pangdam Cenderawasih, pada Selasa (24/3/2020).

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0