Unik! Mayjen Richard Tampubolon Lepas Jabatan Kasdam Naik Skuter :: Nusantaratv.com

Unik! Mayjen Richard Tampubolon Lepas Jabatan Kasdam Naik Skuter

Biasanya pejabat tinggi kodam dilepas dengan diantar kendaraan taktis militer
Unik! Mayjen Richard Tampubolon Lepas Jabatan Kasdam Naik Skuter
Mayjen TNI Richard Tampubolon dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto.

Jakarta, Nusantaratv.com - Ada yang unik dari pelepasan jabatan Kasdam VI Mulawarman Mayjen TNI Richard Tampubolon, Kamis (5/12/2019) kemarin. Lazimnya, pelepasan pejabat tinggi di markas komando daerah militer (makodam) yang memasuki masa purna tugas, diiringi pengawalan ketat dan diantar menggunakan kendaraan taktis khas pejabat militer.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru di Papua, TNI-Polri Patroli Bareng

Seolah menolak mainstream, Richard justru melepas jabatannya mengendarai sepada motor jenis skuter matik, Yamaha N-Max. Aksi tersebut sebagai wujud kesederhanaannya. 

Tak ayal, aksi Richard menjadi perhatian banyak kepala daerah yang hadir di acara yang dihelat di Aula Makodam VI Mulawarman.

Ia mengendarai motor membonceng istrinya yang juga hadir, keluar Markas Kodam VI Mulawarman.

Richard mengendarai motor usai proses pelepasan jabatan Kasdam yang ditandai dengan penciuman pataka dan pengalungan bunga oleh Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto.

Richard mengaku sulit melupakan kenangan  selama bertugas di Kodam VI Mulawarman. Salah satu yang paling diingat ialah kekompakan para prajurit yang saling mengisi satu sama lain.

Ada juga kenangan indah mulai dari cita rasa kuliner, hingga penduduk kota Balikpapan dan Kalimantam Timur yang kompak dan saling bersinergi.

"Semua kegiatan terkoordinasi dengan baik, sinergitas antara TNI dengan Polri, masyarakat, tokoh agama dan seluruh ormas terbina dengan baik pula. Ini merupakan kunci utama dalam bersinergi, saling memahami dan saling mengerti," ujarnya. 

Lebih lanjut, ia menilai tantangan ke depan yang dihadapi Kodam VI Mulawarman  menjadi lebih berat. Mengingat, wilayah Kodam VI Mulawarman akan menjadi ibu kota baru.

"Pekerjaan di lingkungan satuan Kodam VI Mulawarman akan semakin bertambah apalagi seiring dengan ditunjuknya Kaltim (Kalimantan Timur) menjadi Ibu Kota Negara, tentunya akan memiliki implikasi dalam penyiapannya," ujarnya. 

"Dengan perencanaan yang baik oleh seluruh staf dan satuan maka Kodam akan mampu melaksanakan tugas rutin maupun tugas tambahan lainnya dengan baik," imbuhnya.

Mayjen TNI Richard Tampubolon menjabat Kasdam VI Mulawarman kurang lebih 11 bulan. Ia saat itu menyandang pangkat jenderal bintang satu atau brigadir jenderal (brigjen). 

Setelah ini, Richard akan menduduki posisi Kepala Staf Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Kaskogabwilhan) I yang berkedudukan di Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, yang merupakan organisasi baru di lingkungan TNI.

Sementara, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Subyanto menyebut prajuritnya merasa bangga dengan prestasi yang ditorehkan Mayjen Richard.

"Untuk kedua kalinya Kasdam VI Mulawarman dipromosikan menjadi bintang dua dan menduduki jabatan yang lebih tinggi. Tentunya seluruh prajurit Kodam VI Mulawarman berbangga karena Kasdam kita mendapatkan promosi jabatan menjadi jenderal bintang dua," kata Subyanto.

Ungkapan terima kasih dan penghargaan tertinggi atas pengabdian Mayjen Richard dari seluruh keluarga besar Kodam VI Mulawarman, pun disampaikan Subyanto. 

"Di masa Brigjen TNI Richard Tampubolon menjabat sebagai Kasdam VI di sini banyak inovasi yang dilakukan untuk mengangkat nama baik dan kehormatan Kodam VI Mulawarman, sehingga saya dan seluruh masyarakat Kodam VI Mulawarman patut mengapresiasi dan berterimakasih," tandas Subyanto.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
1
love
1
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1