Tercatat Sepanjang 2019, Sumut Bangun 89 Km Jalan, LRT Hingga Tol Dalkot :: Nusantaratv.com

Tercatat Sepanjang 2019, Sumut Bangun 89 Km Jalan, LRT Hingga Tol Dalkot

2019 Pemprov Sumut Bangun 89 Km Jalan, Rancang LRT, BRT dan Tol Dalam Kota
Tercatat Sepanjang 2019, Sumut Bangun 89 Km Jalan, LRT Hingga Tol Dalkot
Sekdaprov Sumut R Sabrina/ Kemendagri

Medan, Nusantaratv.com - Infrastruktur menjadi faktor kunci dalam perkembangan pembangunan ekonomi suatu daerah. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) fokus dalam peningkatan kualitas Infrastruktur di antaranya jalan, pelabuhan dan angkutan massal.

Sepanjang tahun 2019, Pemprov Sumut di bawah kepemimpinan Gubernur Edy Rahmayadi dan Wakil Gubsu Musa Rajekshah telah melaksanakan pembangunan dan peningkatan jalan provinsi sepanjang 89,16 Km. Juga telah membangun jembatan sepanjang 169,27 m.

Berdasarkan data dari Dinas Binamarga dan Bina Kontruksi Sumut, dari 3.005,65 Km jalan provinsi, Pemprov Sumut melakukan pemeliharaan rutin jalan sepanjang 2.141 Km dan pemeliharaan rutin jembatan sepanjang 9.939,53 m. 
Adapun jalan yang dibangun tersebut di antaranya mendukung kelancaran akses menuju kawasan wisata yaitu jalan menuju kawasan pariwisata Tangkahan sepanjang 2 km, jalan menuju kawasan pariwisata Bukitlawang sepanjang 4 km, jalan di kawasan pariwisata nasional Danau Toba melalui akses Rawasaring sepanjang 8,9 km.

Selain itu, Pemprov Sumut juga membuka kawasan akses terisolir menuju Akses Pariwisata Danau Toba melalui pembangunan jalan pada ruas jalan Aek Kota Batu-Bts. Tobasa/Bts. Labura-Prasoburan-Silimbat sepanjang 5,5 Km.

Baca Juga: Presiden Guinea Inginkan Indonesia Berinvestasi Di Tanahnya

Masih untuk mendukung percepatan pembangunan infrastruktur Danau Toba sebagai destinasi wisata super prioritas nasional, Pemprov Sumut sepanjang tahun 2019 membangun infrastruktur pendukung dan fasilitas di delapan pelabuhan/dermaga yaitu Dermaga pelabuhan Balige, Pelabuhan Tongging, Pelabuhan Marbun Toruan dan Pelabuhan Muara, Tigaras, Simanindo, Ambarita dan Ajibata.

Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumut R Sabrina menjelaskan, selain infrastruktur jalan,  Pemprov  juga berusaha mewujudkan penyediaan angkutan umum massal yang handal dan mendukung pengembangan Kawasan Strategis Nasional Medan Binjai, Deliserdang dan Karo (Mebidangro).

"Pemprov Sumut merancang penyediaan angkutan massal berbasis Lintas Rel Terpadu (Light Rapid Transit/LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT)," ujar Sekdaprov Sumut Sabrina di Medan, beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, tahun 2019, Pemprov Sumut menjalin kerja sama dengan Korea Rail Network Authority (KRNA) untuk pengembangan sistem perkeretaapian di Sumut. Di antaranya pengembangan perencanaan awal dan persiapan untuk LRT Medan Metropolitan, pengembangan teknologi konstruksi infrastruktur kereta api, sharing knowledge dan capacity building tentang pengelolaan perkeretaapian.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0