Tekan Penyebaran Corona, Pemprov Sumut Terus Perkuat Pelacakan ODP :: Nusantaratv.com

Tekan Penyebaran Corona, Pemprov Sumut Terus Perkuat Pelacakan ODP

Untuk Memperkuat Pelacakan ODP, Pemprov Sumut Melibatkan Sukarelawan dari MER-C, Pramuka dan Organisasi Kepemudaan
Tekan Penyebaran Corona, Pemprov Sumut Terus Perkuat Pelacakan ODP
Ilustrasi Kantor Gubernur Sumatera Utara/ Istimewa

Medan, Nusantaratv.com - Menghambat penyebaran Virus Corona, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) memperkuat pelacakan yang berstatus orang dalam pemantauan (ODP) virus corona. Untuk itu, Pemprov Sumut melibatkan sukarelawan dari MER-C, Pramuka dan organisasi kepemudaan.

Setelah melakukan contact tracing (pelacakan kontak), tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan virus corona menemukan 338 warga Sumut berstatus ODP. Jumlah ini meningkat bila dibandingkan hari sebelumnya yakni 205 orang.

"Kita memperkuat pelacakan ODP untuk menghambat sesegera mungkin penyebaran virus corona sehingga jumlah ODP kita di sini meningkat. Kami melibatkan sukarelawan dari MER-C, Pramuka dan organisasi kepemudaan yang sudah kami latih untuk melakukan penyelidikan epidimiologi," ujar Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Sumut Alwi Mujahit di Media Center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, (21/3/2020).

Baca Juga: Cegah Corona, Mulai 23 Maret 2020, Bioskop di Jakarta Ditutup

Selanjutnya, ODP diperintahkan untuk mengkarantina diri selama 14 hari karena memiliki potensi menularkan Covid-19 ke orang lain.

"Kita memerintahkan agar ODP mengkarantina diri selama 14 hari untuk memastikan mereka positif atau negatif Covid-19. Ini butuh kerja sama. Bila kita tidak bekerja sama, kita akan kesulitan melawan Covid-19," kata Alwi.

Selain ODP, Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Riadil Lubis mengatakan bahwa jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Sumut juga meningkat. Ada penambahan 12 orang dari hari sebelumnya yang berjumlah 36 orang. Sementara itu untuk yang positif belum berubah, masih 2 orang.

"Hari ini jumlah PDP ada peningkatan menjadi 48 orang yang tersebar di 18 rumah sakit pada 5 kabupaten/kota, yaitu Deliserdang, Medan, Binjai, Serdang Bedagai dan Toba. Sedangkan PDP yang sudah dinyatakan negatif dan pulang ada 3 orang," ungkap Riadil.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0