Tak Hanya Kenakan Rompi Oranye, Kini KPK Juga Terapkan Aturan Borgol Bagi Para Tahanan :: Nusantaratv.com

Tak Hanya Kenakan Rompi Oranye, Kini KPK Juga Terapkan Aturan Borgol Bagi Para Tahanan

Ketua KPK Agus Rahardjo Menjelaskan Borgol Bagi Para Tahanan Korupsi Bisa Memberikan Efek Jera Dan Malu.
Tak Hanya Kenakan Rompi Oranye, Kini KPK Juga Terapkan Aturan Borgol Bagi Para Tahanan
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memulai kerja pemberantasan korupsi di tahun 2019 dengan sejumlah inovasi. Salah satunya dengan memborgol para tahanan yang keluar dari rumah tahanan (rutan). Pemborgolan ini dilakukan untuk memberikan efek jera terhadap koruptor.

Jakarta, Nusantaratv.comKomisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai menerapkan aturan borgol untuk tahanan yang keluar dari rumah tahanan pada awal 2019 ini. Borgol tersebut nantinya akan dikenakan kepada tahanan KPK ketika keluar dan masuk gedung KPK. dari yang sebelumnya hanya dikenakan rompi oranye.

Dijelaskan Juru Bicara KPK Febri Diansyah, aturan borgol terhadap tahanan KPK tersebut adalah upaya untuk meningkatkan pelaksanaan pengamanan terhadap para tahanan.

"Aturan tentang pemborgolan untuk tahanan yang keluar dari rutan mulai diterapkan," ujar Febri kepada wartawan, Rabu (2/1).

Terpantau pada pukul 11.00 WIB, General Manager PT Hutama Karya Bambang Mustaqim tampak diborgol saat menuju ke gedung KPK. Bambang merupakan tahanan KPK dalam kasus dugaan pencucian uang yang menjerat Bupati nonaktif Kutai Kartanegara Rita Widyasari.

Diketahui sebelumnya, wacana memborgol para tahanan korupsi telah disampaikan Ketua KPK Agus Rahardjo. Dia mengatakan KPK akan menerapkan prosedur baru yaitu para tahanan korupsi diborgol saat dibawa dari rutan dan menuju rutan.

"Ini bisa memberikan efek jera dan malu bagi para tahanan korupsi," kata Agus, beberapa waktu lalu.(Cal)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0