Salurkan Bansos Saat PSBB, Pemkot Cimahi Siapkan Rp 68 M :: Nusantaratv.com

Salurkan Bansos Saat PSBB, Pemkot Cimahi Siapkan Rp 68 M

Bansos tersebut berupa sembako atau bahan pangan
Salurkan Bansos Saat PSBB, Pemkot Cimahi Siapkan Rp 68 M
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna (kanan) saat diwawancara NTV.

Cimahi, Nusantaratv.com - Jika pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Bandung Raya guna mengatasi wabah virus corona disetujui, Pemerintah Kota Cimahi akan menyalurkan bantuan sosial (bansos) ke masyarakat. Bansos yang diberikan kepada warga berupa bahan pangan atau sembako.

Baca juga: Sondang Tampubolon Ingin Bansos Tunai dan Sembako Tepat Sasaran 

"Rata-rata (bantuan yang diberikan) sembako, karena masyarakat kalau disurvei pun mengatakan hari ini yang diperlukan adalah sembako," ujar Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna pada program Nusantara Siang di Nusantara TV (NTV), Jumat (17/4/2020). 

Ajay mengaku pihaknya telah menganggarkan dana sekitar Rp 68 miliar untuk disalurkan sebagai bansos ke masyarakat. 

Saat ini, pihaknya masih mendata warga yang berhak menerima bantuan, atau orang-orang yang terdampak pandemi covid-19. 

"Kami lagi mendata semua masyarakat yang berhak mendapatkan bantuan dari pemerintah. Kami menganggarkan covid-19 ini hampir Rp 68 miliar. Kita sedang mensinergikan semua stakeholder-nya," tuturnya. 

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil, sebelumnya memastikan penerapan PSBB di Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, dan Sumedang, disertai dengan program jaring pengaman sosial (JPS). Salah satunya ialah dengan disalurkannya bansos berupa uang tunai dan pangan, total senilai Rp 500 ribu. 

Agar tepat sasaran, Pemprov Jabar meminta para ketua RT/RW melakukan pendataan masyarakat kelompok miskin baru, baik yang berdomisili di wilayahnya maupun perantau.

Pihaknya juga menerima aduan masyarakat yang membutuhkan bantuan namun belum dibantu, melalui aplikasi Pusat Informasi dan Koordinasi COVID-19 Jabar (Pikobar).

"Saya kira memberikan bantuan itu butuh waktu ya tidak bisa sehari selesai semua jadi nanti ada penerima yang rutin menerimanya awal bulan ada yang dihari kelima, kelima belas," ujar Emil, sapaan Ridwan Kamil. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
2
wow
0