Presiden Jokowi: Kalau Mau 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah, Harus Dikalkulasi Betul :: Nusantaratv.com

Presiden Jokowi: Kalau Mau 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah, Harus Dikalkulasi Betul

Presiden Jokowi mengingatkan kepada warga untuk menjaga dan memanfaatkan sertifikat tanah yang telah diberikan untuk hal yang produktif
Presiden Jokowi: Kalau Mau 'Sekolahkan' Sertifikat Tanah, Harus Dikalkulasi Betul
Presiden Joko Widodo bagikan sertifikat tanah di Magelang. (Agung/Humas)

Magelang, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan pembagian sertifikat tanah kepada 5.000 warga Kabupaten Magelang, Jawa Tengah (Jateng), di Stadion Gemilang, pada Jumat (30/8/2019).

Kepala Negara mengingatkan kepada warga untuk menjaga dan memanfaatkan sertifikat tanah yang telah diberikan untuk hal yang produktif. Apabila akan meminjam ke bank, sebut mantan Gubernur DKI Jakarta itu, diharapkan ada kalkulasi yang tepat.

Baca: Akui Lahannya Diserobot untuk KBM, Warga Lapor Komnas HAM

"Biasanya kalau sudah pegang sertifikat pinginnya di 'sekolahkan', dipakai agunan ke bank. Yang namanya ke bank itu pinjam, artinya harus mengembalikan. Bisa ngangsur tidak setiap bulan, kalau tidak jangan pinjam, apalagi kalau dipakai untuk barang-barang kenikmatan. Saya titip dikalkulasi," ujar mantan Wali Kota Solo, Jateng itu.

Sebelumnya, Menteri Agraria Sofyan Djalil menyampaikan sertifikat tanah untuk seluruh wilayah Jateng akan diselesaikan paling lambat pada 2025 dan dapat dipercepat pada 2023 bila adanya bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda).

Baca: Presiden Jokowi Sebut Seluruh Tanah di Gresik Bersertifikat pada 2024

"Insha Allah Jawa Tengah menurut teman-teman dari BPN, kita akan menyelesaikan paling lambat 2025, paling lambat. Tetapi teman-teman mengatakan jika Pemda membantu, dan sekarang banyak sekali Pemda, Pak Bupati, Pak Gubernur, yang membantu kita bisa percepat pada 2023," tutur Sofyan.

Sekadar informasi, di Kabupaten Magelang masih terdapat 475.000 bidang tanah yang belum terdaftar, pada tahun ini BPN telah mendaftarkan 60.000 bidang tanah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0