Polres Lumajang Gelar Penyuluhan Soal Bahaya Kenakalan Remaja :: Nusantaratv.com

Polres Lumajang Gelar Penyuluhan Soal Bahaya Kenakalan Remaja

Kata Arsal, kenakalan-kenakalan ini sudah tidak bisa digolongkan lagi sebagai kenakalan remaja tapi sudah menjurus ke tindak kriminalitas.
Polres Lumajang Gelar Penyuluhan Soal Bahaya Kenakalan Remaja
Kapolres Lumajang, AKBP M Arsal Sahban (NTV:Tri Iswanto)

Lumajang, Nusantaratv.com -Kepolisian Resor Lumajang (Polres Lumajang) memberikan penyuluhan tentang bahaya kenakalan remaja dan perlunya jiwa enterpreneurship untuk mengisi kekosongan waktu agar tidak terjerumus kepada tindak kriminalitas dihadapan ratusan siswa baru di SMA Negeri 1 Pasirian, Lumajang, Jawa Timur pada Kamis (18/7/19).

 “Bicara tentang kenakalan remaja, dulu hanya perkelahian satu lawan satu, mengganggu temannya, dan paling jauh bolos sekolah. Saat ini banyak sekali remaja yang sudah mengkonsumsi narkoba maupun minum-minuman keras. bahkan ada kasus yang kami temukan yaitu remaja 15 tahun mencuri kendaraan bermotor. dan yang lebih parah lagi ada remaja umur 16 tahun melakukan tindak pidan perkosaan”kata Kapolres Lumajang, AKBP M Arsal Sahban. 

Kata Arsal, kenakalan-kenakalan ini sudah tidak bisa digolongkan lagi sebagai kenakalan remaja tapi sudah menjurus ke tindak kriminalitas. 

"Dari peristiwa ini kita bisa lihat adanya degradasi moral anak-anak muda kita. tentu perlu ada pembenahan metode pengajaran dan sistem pembinaan dalam rumah untuk mengantisipasi perilaku demikian”jelasnya. 

Anak muda zaman sekarang menurutnya perlu diberikan kegiatan-kegiatan positif untuk mengisi waktu luang semacam ekstrakulikulir yang melatih ketrampilan siswanya. Jiwa enterpreneurship anak-anak muda harus dilatihkan sejak dini, supaya sejak awal sudah paham tentang marketing dan tentang branding. sekarang apapun yang di produksi walau dalam skala kecil bisa di jual melalui marketplace seperti tokopedia, bukalapak , lazada dan berbagai matketplace lainnya. 

“saat ini negara kita di topang karena middle class (kelas menengah) yang tumbuh. sebagian besar middle class berasal dari anak muda. Anak muda yang tidak berkarya, maka dia akan tergilas oleh kemajuan zaman. dan akhirnya bisa menjadi pemuda yang mudah frustasi, "tandasnya.

Ia pun berpesan kepada seluruh siswa agar dapat menggunakan waktu dengan berharga untuk kegiatan positif. Karena kedepannya, tantangan semakin banyak dan juga kompleks. 

" Saat pikiran sudah rusak oleh minuman keras bahkan narkoba, otak kalian tidak akan mampu mengimbangi persaingan yang ketat dimasa mendatang. Isilah hari-hari kalian selain melatih intelektualitas disekolah, juga kembangkan enterpreneurship kalian. Jiwa Enterpreneurship harus dimiliki remaja jaman now,” pungkas Arsal.

 

 

Sumber : Reuters

Terjemahan : (NTV /Cal) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0