Pesawat King Air Cari 21 ABK Kapal Mina Sejati yang Hilang :: Nusantaratv.com

Pesawat King Air Cari 21 ABK Kapal Mina Sejati yang Hilang

Pesawat Super King Air Service B-200 Series PK dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap 21 Awak Kapal Nelayan Mina Sejati yang belum ditemukan
Pesawat King Air Cari 21 ABK Kapal Mina Sejati yang Hilang
Tim pemantau Kapal Mina Sejati yang Hilang, menggunakan Pesawat Super King Air Service B-200 Series PK

Ambon, Nusantaratv.com – Pesawat Super King Air Service B​​​​-200 Series PK dikerahkan untuk melakukan pencarian terhadap 21 Awak Kapal Mina Sejati yang belum ditemukan pasca pembajakan kapal di perairan Dobo Selatan Kepulauan Aru Provinsi Maluku, Jumat (16/8/2019) lalu. 

“Kru pesawat yang ikut pencarian berjumlah Tim Sar Pos Tual 1 Orang, Pilot Pesawat 1 Orang, Co Pilot 1 Orang, Mekanik 2 Orang dan Kru AS Poa 3 Orang, “ Kata Kabasarnas Ambon, Muslimin. 

Dikatakan, pencarian awak Kapal Mina Sejati melalui pantauan udara dipimpin langsung oleh Kapolres Kepulauan Aru AKBP Adolof Bormasa, Kepala Pangkalan PSDKP Tual Salman Mokoginto, Daunit Pangkalan Lana Aru Lettu Laut (P) Gunawan dan Kepala Kantor Pantai Dobo Ali Tualeka.

Muslimin menambahkan, lebih dari 2 jam melakukan pencarian udara seputar Perairan Tual Maluku Tenggara sampai Perairan Dobo Selatan Kepulauan Aru belum membuahkan hasil atau masih nihil. Basarnas berusaha terus mengupayakan pencarian melalui jalur laut menggunakan Kapal Negara (KN) Sar Bharata. Basarnas meminta bantuan para nelayan yang mencari ikan dan kapal kapal yang melintasi perairan itu, melihat tanda-tanda bangkai kapal maupun ABK untuk segera dilaporkan sehingga dilakukan penyelaman maupun upaya penyelamatan.    

Sebelumnya, Selasa, (27/8/2019) 2 korban tewas kapal Nelayan Mina Sejati berhasil ditemukan sudah membusuk terapung jauh dari Tempat Kejadian Perkara (TKP) dengan kondisi terikat pada Ban Luar Mobil berukuran besar yang biasa digunakan sebagai DAPRA pada saat kapal merapat di pelabuhan. 

2 korban Mina Sejati yang meninggal bertambah menjadi 4 orang yang sudah ditemukan, 11 selamat, 21 hilang, total Kru Kapal Nelayan Mina Sejati 36 orang. 

“2 korban yang ditemukan langsung dievakuasi menggunakan Kapal Motor Cepat Milik Pemda Aru ke Pelabuhan Yos Sudarso Dobo dan dibawa ke RSUD Cenderawasi Dobo untuk dilakukan visum,” ungkap Kapolres Aru AKBP Adolof Bormasa.  

Koronologis pembajakan Kapal Nelayan Mina Sejati terjadi Jumat 16 agustus 2019. Kapal nelayan mengangkut sekitar 36 ABK, terjadi pertikaian antara sesame ABK di perairan Laut Dobo Selatan Kepulauan Aru Maluku hingga berujung pembajakan kapal oleh tiga orang awak kapal .

Pada tanggal 17 Agustus, TNI AL mendapat laporan 3 ABK Kapal Mina Sejati diduga pelaku pembajakan kapal, 13 ABK meloncat ke laut untuk menyelamatkan diri, 2 tewas dan 11 selamat. 

Selanjutnya, Minggu 18 Agustus 2019. Proses penyanderaan masih berlangsung TNI AL mengerahkan Kapal KRI Teluk Lada 521 untuk negosiasi dengan pembajak dan berusaha melakukan komunikasi dan negosiasi lewat radio masih berlangsung. 

Setelah negosiasi, 15 ABK dilaporkan masih berada di KM Mina dan di tanggal yang sama personel tambahan diberangkatkan ke lokasi kapal. Kemudian setelah sampai dilokasi perairan 15 ABK dilaporkan menghilang dari KM mina secara misterius.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0