Pembobol ATM Asal Bulgaria Diciduk Polres Mataram :: Nusantaratv.com

Pembobol ATM Asal Bulgaria Diciduk Polres Mataram

Seorang pelaku skiming asal Bulgaria bernama Mikhael (33) diamankan Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat
Pembobol ATM Asal Bulgaria Diciduk Polres Mataram
Ungkap kasus skiming oleh Polres Mataram

Mataram, Nusantaratv.com - Seorang pelaku skiming asal Bulgaria bernama Mikhael (33) diamankan Polres Mataram, Nusa Tenggara Barat usai aksinya membobol sejumlah ATM di Mataram terciduk Satreskrim Polres Mataram.

Kapolres Mataram AKBP Saiful Alam mengatakan, awal modus pembobol ATM itu tercium adalah karena
adanya laporan dari pihak bank bahwa ada transaksi yang mencurigakan.

Kemudian seterusnya di hari kedua usai pelaporan, dilakukan pemantauan dan hari ketiga barulah pihaknya melakukan tindakan dan penangkapan terhadap tersangka.

"Awalnya ada laporan masuk, lalu kami lakukan pemantauan, dan akhirnya kami amankan tersangka ini, "ujar Alam di Mapolres Mataram, Kamis (24/10/19).

Ia mengungkapkan, modus tersangka adalah mengambil uang di ATM dengan menggunakan kartu room akses.

"Menurut pengakuan pelaku, dia ini melakukan aksinya di Iggris dan India. Nah eksekusinya ini di ATM Bank salah satu perbankan di Indonesia dan di wilayah hukum Polda NTB, "terangnya.

Menurut Alam, tersangka menjalankan aksinya dengan  menunggu arahan dari tim IT nya di luar negeri. Tersangka terbilang lihai karena berhasil membobol sejumlah ATM. Dalam melancarkan aksinya, tersangka memggunakan helm agar tak terlacak di CCTV ATM.

Dari tangan tersangka sendiri,  polisi berhasil mengamankan barang bukti yakni uang tunai senilai Rp 42 Juta dan 17 kartu  Room akses yang digunakan untuk tersangka dalam melakukan aksinya.

Tersangka juga dijerat undang-undang IT nomor 11 tahun 2008 pasal 30,32,34,46, 48 dan 50 dengan hukuman kurungan 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 10 Miliar.(Cal)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0