Pasca Banjir di Sumbar, Kementerian PUPR Kerahkan Bantuan Guna Perbaiki Infrastruktur :: Nusantaratv.com

Pasca Banjir di Sumbar, Kementerian PUPR Kerahkan Bantuan Guna Perbaiki Infrastruktur

Kementerian PUPR Siap Bantu Perbaikan Infrastruktur Rusak Pasca Banjir di Sumatera Barat
Pasca Banjir di Sumbar, Kementerian PUPR Kerahkan Bantuan Guna Perbaiki Infrastruktur
Kementerian PUPR terjunkan alat berat guna perbaiki infrastruktur yang hancur pasca banjir di Sumbar/ PUPR

Sumatera Barat, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap membantu perbaikan sejumlah infrastruktur yang rusak akibat bencana Banjir Bandang di Kabupaten Solok Selatan (Solsel) dan Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat yang terjadi pada akhir Desember 2019 lalu. 

"Pasca musibah banjir di Kabupaten Solsel dan Agam pada akhir bulan Desember 2019, Bupati Solsel dan Bupati Agam bersama Gubernur Sumbar menemui saya langsung. Dua hari setelah pertemuan itu, saya langsung datang ke sini untuk melihat langsung kondisinya. Tujuan kami memang bagaimana bisa membantu masyarakat yang terdampak banjir secepatnya," ujar Wakil Menteri (Wamen) PUPR Wempi Wetipo saat meninjau sejumlah titiik banjir di Solsel, Sumbar, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, terkait pemulihan pasca bencana banjir Solsel telah dilakukan rapat awal, dan data awal juga sudah disampaikan oleh Bupati Solsel Muzni Zakaria bersama Gubernur Sumbar Irwan Prayitno. Namun dikatakan Wamen Wempi, data yang diserahkan perlu dilengkapi dan diperbaharui segera, agar bisa diproses.

"Penanganan bisa berjalan apabila data lengkap. Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) serta Balai Wilayah Sungai Sumatera di Padang siap membantu merehabilitasi dan membangun kembali infrastruktur yang rusak. Oleh sebab itu saya minta Bupati dapat berkoordinasi secara intens dengan balai," kata Wamen PUPR.

Baca Juga: Banjir Bandang Lebak, 19 Sekolah Diliburkan

Sebagai contoh, Wamen PUPR menyebutkan ada sedikit perubahan dari data awal yang disampaikan Bupati Solsel.

"Awalnya warga terdampak banjir di Pakan Rabaa Timur akan direlokasi ke lapangan bola. Namun, karena luasnya tidak memadai, diganti dengan lahan lain yang berdekatan seluas 5 ha dan sudah dihibahkan pihak Nagari/desa," jelas Wamen PUPR.

Wamen PUPR juga menyatakan bahwa dirinya yakin jika pihak Balai Wilayah Sungai Kementerian PUPR sudah menyiapkan data yang diperlukan.

"Kami akan monitor, apakah BWS Sumatera V bekerja cepat atau tidak. Kita siap mendukung apa yang telah disampaikan Bupati dan Gubernur," ucap Wamen PUPR.

Sementara itu, terkait kerusakan beberapa ruas jalan nasional di Provinsi Sumatera Barat akibat curah hujan yang tinggi pada Desember 2019 lalu, Kementerian PUPR telah melakukan beberapa langkah perbaikan.

Adapun sejumlah ruas yang mengalami gangguan akibat longsoran yakni pada Bts. Payakumbuh-Batas Riau, Tanah Badantuang-Kiliran Jao, Jl. Bukit Lampu, Surian-Padang Aro, Lubuk Selasih-Surian dan Muaro Kalaban-Sawahlunto.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0