Muncul Sunda Empire dan Kesultanan Selaco, Wagub Jabar: Sah-sah saja :: Nusantaratv.com

Muncul Sunda Empire dan Kesultanan Selaco, Wagub Jabar: Sah-sah saja

Selama tak mengganggu negara dan hukum, menurut Uu masyarakat tak perlu resah
Muncul Sunda Empire dan Kesultanan Selaco, Wagub Jabar: Sah-sah saja
Sejumlah pengikut Sunda Empire.

Jakarta, Nusantaratv.com - Setelah Keraton Agung Sejagat, muncul fenomena serupa di Jawa Barat yakni hadirnya Sunda Empire dan Kesultanan Selaco atau Selacau. 

Baca juga: Muncul Fenomena Keraton Agung Sejagat, Dosen UGM: Perlawanan Terhadap Arabisasi 

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum menilai keberadaan kedua 'kerajaan' itu tak perlu dikhawatirkan. Sebab tak mengganggu dan meresahkan masyarakat.

"Selacau itu kan sudah lama dan tidak buat keresahan masyarakat. Tidak mengganggu tatanan kenegaraan. Sah-sah saja," ujar Uu, Sabtu (18/1/2020).

Sementara Sunda Empire, menurut Uu persoalan yang melibatkan kelompok itu pernah terjadi pada tahun lalu. Penyebabnya penggunaan atribut militer oleh mereka. Namun persoalan itu kini telah diselesaikan dengan membuat perjanjian. 

"Mereka juga sudah melakukan perjanjian hitam di atas putih untuk tidak lagi melakukan kegiatan seperti itu, mengenakan seragam mirip Kopassus," jelasnya. 

Uu menegaskan, Sunda Empire serta Kesultanan Selaco atau Selacau merupakan perwujudan hak berkumpul dan berserikat yang dilindungi undang-undang. 

Sepanjang kegiatan mereka tak bertentangan dengan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 serta tidak merongrong NKRI, Uu menilai keberadaan mereka tak perlu dipersoalkan.

Karenanya Uu pun meminta masyarakat tak perlu gusar dengan adanya Sunda Empire dan Kesultana Selaco atau Selacau. 

"Sah-sah saja. Tapi kalau sudah ada pelanggaran, pemprov akan minta bantuan polisi dan tentara untuk menangani ancaman terhadap negara," tandas mantan Bupati Tasikmalaya. (Kompas.com) 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0