Mendagri: Pentingnya Strategi Pencegahan, Pemadaman dan Pemulihan Karhutla :: Nusantaratv.com

Mendagri: Pentingnya Strategi Pencegahan, Pemadaman dan Pemulihan Karhutla

Mendagri Tekankan Pentingnya Strategi Pencegahan, Pemadaman dan Pemulihan Karhutla
Mendagri: Pentingnya Strategi Pencegahan, Pemadaman dan Pemulihan Karhutla
Mendagri Tito Karnavian/ Kemendagri

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menekankan pentingnya pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla).

Hal itu disampaikannya saat menghadiri Rapat Koordinasi Gabungan Tingkat kementerian/lembaga tentang Peningkatan Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan di Kantor Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Jakarta, Jumat (6/12/2019).

"Strategi penangannya saya kira yang paling utama adalah mencegahnya jangan sampai terbakar, jadi kita tahu ada tiga tahap pencegahan, kemudian pemandaman, terakhir pemulihan. Nah, di sini kunci utamanya adalah strateginya pencegahan," ujar Mendagri.

Baca Juga: Soal Karhutla, Kepala BNPB: Butuh Pembentukan Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Satu Komando

Menurutnya, pencegahan dapat dilakukan secara soft maupun hard dengan kolaborasi maupun sinergi antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Sehingga pencegahan ini bisa dilakukan dengan cara soft dan dengan cara hard. Cara-cara soft, saya kira dengan cara meminta kepada masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan tanah adat yang dua hektar itu," kata Mendagri.

"Nah, ini mungkin perlu kita untuk ditinjau kembali, tapi juga harus dibantu masyarakatnya untuk bisa membuka lahan tanpa membakar. Ini memerlukan aspek perubahan regulasi dan perlu ada bantuan dari Pemerintah agar mereka bisa membuka lahan tanpa cara membakar, nah ini memerlukan (kerjasama) dari Pemda dan Pusat," tambah Mendagri

Oleh karenanya, Mendagri menilai Pemerintah Daerah perlu menganggarkan aspek pencegahan Karhutla dalam APBD yang dibuat melalui pos khusus maupun dalam pos anggaran yang tak spesifik, seperti pencegahan bencana.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0