Luar Biasa! Kemnaker Genjot Pelatihan Vokasi Untuk 'Bagun SDM' :: Nusantaratv.com

Luar Biasa! Kemnaker Genjot Pelatihan Vokasi Untuk 'Bagun SDM'

Jadi prioritas untuk bangun SDM ini, akan menjadi rangkaian untuk menyelamatkan bonus demografi yang akan dialami Indonesia
Luar Biasa! Kemnaker Genjot Pelatihan Vokasi Untuk 'Bagun SDM'
Khairul Anwar, Sekertaris Jendral Kementerian Ketenagakerjaan(foto: nusantaratv.com/mufit)

Jakarta, Nusantaratv.com - Pemerintah Indonesia khususnya Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus berupaya untuk membangun Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga Indonesia terwujud menjadi negara ekonomi terbesar ke 7 di dunia. 

"Jadi prioritas untuk bangun SDM ini, akan menjadi rangkaian untuk menyelamatkan bonus demografi yang akan dialami Indonesia. Yang puncaknya terjadi di tahun 2015-2030, dimana 70 persen penduduk Indonesia adalah usia produktif," kata Khairul Anwar, Sekertaris Jendral Kemnaker di Gedung Kemnaker, Jl Gatot Subroto, di Jakarta, Jumat ( 28/12/2018).

Untuk itu, Kemnaker akan genjot pelatihan vokasi untuk bangun SDM. 

Dia mengatakan, dilihat dari sisi ketenagakerjaan Indonesia dihadapkan pada SDM angkatan kerja yang 58,76 persen adalah lulusan SD dan SMP. Serta problem mismacth mencapai 63 persen.

"Jadi harus ada intervensi untuk bangun SDM, agar skill dan kompetisi angkatan Indonesia mampu bersaing" ujarnya Khairul.

"Salah satu cara tepat untuk meningkatkan kompetisi angkatan kerja adalah dengan pelatihan vokasi," sambungnya.

Terkait denga hal itu, Kemnaker telah melakukan terobosan, yakni masifikasi pelatihan di Balai latihan Kerja (BLK) dan pemagangan terstruktur serta uji kompetisi. (fit)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0