Kementerian PUPR Segera Perbaiki Jembatan yang Rusak Pascabencana di Sulawesi Tenggara :: Nusantaratv.com

Kementerian PUPR Segera Perbaiki Jembatan yang Rusak Pascabencana di Sulawesi Tenggara

Sebanyak empat jembatan rusak yakni Jembatan Asera atau Lasolo, Woimendaa, Baeni II, dan Rahabangga.
Kementerian PUPR Segera Perbaiki Jembatan yang Rusak Pascabencana di Sulawesi Tenggara
Jembatan Lasolo yang sedang diperbaiki pascabencana banjir di Sultra/ pu.go.id

Sultra, Nusantaratv.com - Selain menangani kebutuhan air minum bagi korban bencana alam yang terjadi di Sulawesi Tenggara (Sultra), Kementerian PUPR juga melakukan perbaikan infrastruktur jalan dan jembatan yang rusak serta pembersihan kota. Sebanyak empat jembatan rusak yakni Jembatan Asera atau Lasolo, Woimendaa, Baeni II, dan Rahabangga. Pemulihan konektivitas dilakukan secara dua tahap, yakni bersifat sementara dan permanen.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari Sultra Yohanis Tulak Todingrara mengatakan saat ini tengah dilakukan penanganan sementara Jembatan Asera dan Rahabangga yang mengalami kerusakan pada opritnya.

“Penanganan sementara berupa pemasangan Jembatan Bailey panjang 30 meter. Kapasitas beban maksimal jembatan bailey 8 ton atau bisa dilewati 4 kendaraan roda empat satu arah,” kata Kepala BPJN XXI Kendari Sultra Yohanis Tulak Todingrara, Selasa (18/6/2019).

Selanjutnya upaya penanganan yang bersifat permanen akan dilakukan dari penggantian jembatan, penambahan panjang jembatan, perbaikan alinyemen horizontal/elevasi muka jalan, pembuatan cross drain, perkuatan abutmen jembatan, dan normalisasi sungai.

Kementerian PUPR juga menurunkan Tim Satgas Darurat Tanggap Bencana yang bertugas untuk membantu para korban banjir dalam mengevakuasi barang-barang dan mengontrol ketersediaan stok air bersih bagi para pengungsi. Bantuan berupa perlengkapan dan kebutuhan sehari-hari seperti beras, mie instan, minyak goreng, susu, popok bayi, selimut, sarung, biskuit, pakaian layak pakai dan kebutuhan logistik lainnya yang merupakan sumbangan dari seluruh karyawan dan karyawati Kementerian PUPR juga telah dikirim.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0