Kementerian PUPR Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa Ambon :: Nusantaratv.com

Kementerian PUPR Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa Ambon

Kementerian PUPR menyalurkan bantuan kepada sejumlah korban gempa di Ambon.
Kementerian PUPR Salurkan Bantuan Kepada Korban Gempa Ambon
Kementerian PUPR menyalurkan bantuan untuk para korban gempa di Ambon/ PUPR

Ambon, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyalurkan bantuan ke sejumlah lokasi terdampak gempa yang terjadi pada Kamis, 26 September 2019 lalu, Ambon.

Gempa dengan Magnitudo 6.5 menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan hingga menimbulkan korban jiwa.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan dalam masa tanggap darurat, yang paling penting adalah ketersediaan prasarana dan sarana air bersih dan sanitasi untuk keperluan sehari-hari bagi para korban dan pengungsi. 

"Kami sangat concern dengan air bersih terutama di tempat-tempat pengungsian. Kita juga manfaatkan instalasi pengolahan air minum (IPA) terdekat maupun IPA mobile untuk mensuplai air bersih, khususnya ke posko pengungsian," kata Menteri Basuki.

Baca Juga: Meninggal Capai 39 Orang, Kepala BNPB Ajak Warga Maluku Ringankan Korban Gempa Ambon

Bantuan tanggap darurat disalurkan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Maluku Ditjen Cipta Karya sesaat setelah terjadinya gempa. Bantuan yang disalurkan berupa fasilitas sarana dan prasarana (sarpras) seperti pemasangan tenda hunian darurat di Pos Pengungsian Desa Tulehu dan RSUD Dr. H Haelussy. 

Untuk total sarpras air bersih dan sanitasi yang telah dimobilisasi di lapangan yakni 7 unit Mobil Tangkir Air (MTA), 13 unit Hidran Umum, 1 unit WC Portable, 2 unit Mobil Toilet Kabin dan masing-masing 1 unit dumptruck, truk tinja dan truk engkel.

Sedangkan untuk penanganan infrastruktur jalan dan jembatan, Kementerian PUPR telah melakukan pembersihan longsor dan pemasangan rambu-rambu pada lokasi longsor ruas Tour the Ambon. Pembersihan juga dilakukan pada gorong-gorong dan penutupan badan jalan dengan aspal di Desa Tulehu sehingga dapat dilewati kembali.

Sementara itu, untuk Jembatan Merah Putih Kota Ambon yang mengalami retak pada sambungan Asphaltic Plug Expantion Joint dan bergesernya bearing pad di beberapa titik jembatan, sudah dilakukan perbaikan dengan memasang ganjal pada bearing pad serta perbaikan siar muai. Saat ini ruas jembatan sudah dinyatakan aman dan bisa dilewati.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0