Keluarga Nginap di Rumah, Petugas Keamanan BPBD Tertular Corona :: Nusantaratv.com

Keluarga Nginap di Rumah, Petugas Keamanan BPBD Tertular Corona

Keluarga tinggal di rumah petugas setelah salah satunya meninggal dalam status PDP
Keluarga Nginap di Rumah, Petugas Keamanan BPBD Tertular Corona
BPBD Kota Medan. (Net)

Medan, Nusantaratv.com - Seorang petugas keamanan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), tertular virus corona. Ia terjangkit covid-19 usai menerima keluarganya yang berkunjung ke rumah.

Baca juga: Sudah 67 Ribu Spesimen Terkait Corona Diperiksa di RI 

"Benar, petugas security itu tertular dari keluarga," ujar Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sumut, Whiko Irwan, Sabtu (25/4/2020).

Mulanya, Whiko memaparkan, petugas tersebut berduka lantaran saudara iparnya meninggal dalam status pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19.

"Iparnya meninggal sebagai PDP. Selanjutnya keluarga dari iparnya ini tinggal di rumah security BPBD ini," kata dia.

Lalu 13 orang yang ada di rumah itu, termasuk si petugas keamanan, mengikuti rapid test. Hasilnya lima orang yang terindikasi positif corona.

"Dilakukan pemeriksaan terhadap 13 orang yang tinggal di rumah itu. Dari 13 orang didapatkan lima orang positif covid-19 melalui rapid test," jelas Whiko.

Pemeriksaan lanjutan melalui tes swab pun dilakukan, dan hasilnya dua orang dinyatakan positif corona. Kini, dua orang tersebut dirawat di ruang isolasi rumah sakit.

"Jadi dua orang ini kita tangani sebagai penderita covid-19. Dengan adanya yang positif covid-19 tadi, kita lihat dulu, karena petugas tadi bertugas di BPBD Medan," tutur Whiko.

Penelusuran pun dilakukan di lingkungan BPBD Kota Medan, terhadap orang-orang yang kontak langsung dengan petugas keamanan yang positif.

"Bila terpapar akan dilakukan rapid test. Jika tidak ada riwayat kontak dengan petugas tadi, tidak akan kita lakukan pemeriksaan atau isolasi," tandas Whiko.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0