Kapolda Gorontalo : Saya Ingin Bangun SPN yang Humanis :: Nusantaratv.com

Kapolda Gorontalo : Saya Ingin Bangun SPN yang Humanis

Tak Hanya Pembangunan, Konsep Akan Seperti Apa SPN Ini Pun Telah Sangat Matang Ia Persiapkan.
Kapolda Gorontalo : Saya Ingin Bangun SPN yang Humanis
Polda Gorontalo

Jakarta, Nusantaratv.com - Sekolah Polisi Negara (SPN) Gorontalo, digadang-gadang menjadi SPN termegah se Indonesia. Bahkan hal itu disampaikan langsung oleh Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat prosesi peletakkan batu pertama di lokasi pembuatan SPN Gorontalo tahun 2017 lalu.

Pendirian SPN yang terlaksana atas gagasan dari Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Rachmad Fudail itu juga menjadi kebanggan masyarakat Gorontalo. Pasalnya, ini adalah sekolah polisi pertama diwilayah hasil pemekaran provinsi Sulawesi Utara tersebut.

Berawal dari sebidang tanah milik Pemda Gorontalo yang dibiarkan kosong selama kurang lebih 10 tahun, membuat Brigjen Rachmad berinisiatif untuk membangun sekolah Polisi pertama di Gorontalo.

"Jadi ada tanah kosong milik Pemda dibiarkan selama 10 tahun. Itu salah satu awal ide pendirian SPN muncul," ujarnya yang ditemui di Polda Gorontalo Selasa (25/9).

Ia menuturkan, di wilayah Gorontalo sendiri dirasa kurang penambahan kekuatan personil kepolisian. Karena setiap tahun hanya mengirim sekurangnya 100 orang ke SPN di Sulawesi Utara. Kemudian dirinya memutuskan untuk mengadakan dialog interaktif dengan berbagai tokoh masyarakat dan juga beberapa instansi di Gorontalo guna penggodokan ide luarbiasanya itu untuk membangun SPN Gorontalo.

"Saya pikir kita butuh tambahan kekuatan personil kepolisian di Gorontalo. Setiap tahun kan cuma kirim 100 ke Sulut. Akhirnya waktu itu saya buat dialog interaktif dengan beberapa tokoh masyarakat dan instansi untuk membahas pembangunan SPN itu,"kenangnya.

Namun diakuinya, alasan keterbatasan dana sempat menjadi kendala. Pasalnya untuk membangun SPN, paling tidak ia harus punya modal yang cukup besar.

"Iya waktu itu juga sempat kepikiran, Saya nggak punya uang. Lalu Darimana dananya untuk membangun? Akhirnya saya mencoba memaparkan pada Bupati terkait hal itu," katanya.

usai ia memaparkan rencananya pada Bupati, Pemda setempat beserta Kapolri pun akhirnya juga menyetujui serta mendukung penuh pembangunan SPN di Gorontalo. Bahkan katanya, Kapolri menyumbang sekitar 60 Milyar untuk pembangunan SPN ini.

"Saya juga jelaskan, pembangunan SPN ini untuk kurangi angka pengangguran di Gorontalo. Karena ini bantuan dari Gubernur, Bupati dan semua. Janji saya pada warga tahun ini terbangun. Seluruh stakeholder kita kerjasama. Bahkan pak Kapolri menyumbang 60 Milyar lebih. Ini bukti dukungan beliau untuk kami mantap membangun SPN Gorontalo,"paparnya lagi.

Tak hanya pembangunan, konsep akan seperti apa SPN ini pun telah sangat matang ia persiapkan.

"Ini SPN termegah di Indonesia dan diakui Kapolri sendiri. Saya ingin bentuk SPN yang humanis. Bahwa infrastruktur akan memunculkan kultur. Jadi saya bangun 1 kamar untuk 4 orang agar teratur. Bukan yang satu kamar untuk banyak orang dan kesannya nanti kumuh. Justru Itu tadi sebisa mungkin kami beri pelayanan prima agar merek punya kultur,"tegasnya.

Satu hal yang menarik, seluruh bangunan kelas di SPN Gorontalo ini diberi nama seluruh kabupaten yang ada di wilayah Gorontalo. Bahkan, diruangan juga diberi gambar tiap walikota dan Bupati.

SPN ini juga kata Brigjen Rachmad terbangun sebagai sarana multifungsi. Tak hanya untuk mendidik generasi polri, tapi juga sebagai sarana olahraga untuk mencetak para atlet. Karena didalam SPN juga tersedia berbagai sarana olahraga seperti Tenis, lapangan sepakbola, dll.

"Saya sampaikan bahwa SPN ini punya multifungsi. Tak hanya untuk didik polri saja tapi juga sarana olahraga. Kita punya meja tenis, lapangan sepakbola, dll. Agar menunjang mereka sekaligus bisa mencetak para atlet,".(Cal)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0