Jokowi Puji Cimahi Praktikan Gotong-royong Hadapi Corona, Ajay: Terima Kasih Presiden! :: Nusantaratv.com

Jokowi Puji Cimahi Praktikan Gotong-royong Hadapi Corona, Ajay: Terima Kasih Presiden!

Menurutnya sikap tersebut merupakan hasil edukasi pemerintah terhadap masyarakat yang sejak lama berlangsung
Jokowi Puji Cimahi Praktikan Gotong-royong Hadapi Corona, Ajay: Terima Kasih Presiden!
Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna. (Net)

Cimahi, Nusantaratv.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji masyarakat Kota Cimahi yang bergotong-royong dalam menghadapi virus corona. Ia mengapresiasi warga yang membantu memenuhi kebutuhan warga lainnya yang tertular covid-19, saat diisolasi secara mandiri.

Baca juga: Hadapi Pandemi COVID-19, Jokowi Minta Jaga Ketersediaan Pangan dan Tumbuhkan Gotong-Royong 

Wali Kota Cimahi Ajay Muhammad Priatna mengaku bangga terhadap apresiasi Jokowi. 

"Kita mengucapkan terima kasih kepada Pak Presiden atas apresiasinya dimana ada satu keluarga yang terkena, terpapar wabah ini, disuruh diam di rumah, segala keperluannya dibantu oleh masyarakat sekitar," ujar Ajay dalam program Nusantara Siang di Nusantara TV (NTV), Jumat (17/4/2020). 

"Padahal masyarakat tersebut relatif baru penduduknya, berbeda keyakinan juga dengan sekitarnya. Alhamdulillah-nya masyarakat kami bertoleransi dengan kehidupannya," imbuh dia. 

Menurut Ajay, sikap toleransi terhadap perbedaan dan bahu-membahu antarmasyarakat dalam kondisi apa pun, memang menjadi bagian edukasi pemerintah kepada warga sejak lama. 

Hal ini dilakukan mengingat masyarakat Cimahi yang heterogen, dan wilayahnya yang padat penduduk. 

"Ini hasil edukasi kami, yang setiap datang ke wilayah bahwa karena di daerah Cimahi ini kecil, padat dan semua suku ada di sini, makanya kerukunan, gotong-royong, toleransi adalah hal yang mutlak, harus kita punya," tuturnya. 

"Dan alhamdulillah ketika wabah ini melanda semua dan Cimahi, sikap dan tekad masyarakat kita, umumnya seperti itu, sudah dibuktikan," sambung Ajay. 

Meski saling membantu saat pandemi corona terjadi, Ajay menegaskan jika segala upaya tersebut dilakukan tetap mengedepankan protokol kesehatan dalam penanganan covid-19. Sehingga risiko penularan ke warga lainnya tak terjadi. 

"(Bantuan sesama warga) dengan standar protokol kesehatan. Begitu ada yang terpapar, yang pertama turun adalah dinas kesehatan kami. Untuk keperluan selanjutnya, isolasi itu bisa mandiri, bisa di rumah sakit, bisa di manapun, yang penting mereka mengisolasi diri. Dengan bantuan dan pantauan dari dinas kesehatan kami," jelasnya. 

Sebelumnya, Jokowi meminta jajaran di kabinet untuk senantiasa mengingatkan masyarakat bahwa gotong royong dalam menghadapi wabah corona, sangat penting dilakukan. Semangat tersebut menurutnya harus tumbuh di tengah-tengah masyarakat.

Ia mengaku bangga dengan warga Cimahi yang telah mempraktikkan semangat gotong-royong tersebut. 

"Saya sangat senang sekali kemarin melihat, misalnya di Cimahi. Kerukunan antar-tetangga dengan baik. Yang positif diisolasi, tetapi tetangganya membantu," ujar Jokowi saat rapat terbatas (ratas) dengan jajaran Kabinet Indonesia Maju dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, melalui konferensi video, Senin (13/4/2020).

"Hal-hal seperti ini, ke gotong-royong ini yang harus kita terus gaungkan. Sehingga benar-benar kalau ada isolasi mandiri, kalau ada pasien positif yang ada di sebuah kampung bukan malah dikucilkan, tetapi kanan-kirinya bisa tolong-menolong," lanjutnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0