Janji Penanganan Banjir Anies Ditagih Wali Kota Bogor :: Nusantaratv.com

Janji Penanganan Banjir Anies Ditagih Wali Kota Bogor

Bima mengaku telah mengajukan dana untuk penanganan banjir di hulu, tapi belum digubris
Janji Penanganan Banjir Anies Ditagih Wali Kota Bogor
Bima Arya saat berswa foto dengan Anies.

Jakarta, Nusantaratv.com - Komitmen Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dalam penanggulangan banjir ditagih Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto. Menurut Bima, pihaknya sudah mengajukan dana bantuan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebesar Rp 50 miliar untuk membangun sumur resapan dan kolam retensi di kawasan hulu, Bogor, Jawa Barat. Tapi, hingga kini menurutnya belum ada tanggapan lebih lanjut dari Pemprov DKI. 

Baca juga: Tak Utus Anak Buah, Prasetyo Minta Anies Hadir Rapat dengan Basuki 

"Kita konsisten, kok. Kalau Pak Gubernur minta untuk dikelola dari hulunya, ya sekarang bantu kami untuk membangun itu (sumur resapan dan kolam retensi)," ujar Bima, Selasa (7/1/2020).

Menurut dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor sudah melakukan berbagai upaya guna membantu mengatasi masalah banjir Ibu Kota. Salah satunya dengan program naturalisasi Ciliwung yang sudah dilakukan di 14 kelurahan Kota Bogor.

Melalui program tersebut, Bima mengklaim dampak banjir dapat diminimalisir. 

"Ini menjawab sebenarnya permintaan Pak Gubernur untuk dikelola dari hulu. Ya, kita sudah kelola itu," jelasnya. 

"Nah sekarang kita minta komitmen Pak Gubernur. Kita sudah usulkan bantuan ke Provinsi DKI untuk penanganan banjir dalam kegiatan untuk kolam retansi dan sumur resapan tahun ini," imbuh Bima. 

Ia menilai, pembangunan sumur resapan lebih efektif dalam mengatasi banjir Jakarta.

Karenanya ia mengusulkan diperbanyak pembangunan sumur resapan di beberapa titik seperti di Bogor Selatan dan Bogor Utara.

"Kita lihat strategi ke depan harus memperbanyak sumur resapan bukan kolam retensi, karena lebih efektif. Kalau kolam retensi kan perlu lahan yang lebih luas," jelasnya  

"Makanya, di hulunya diurus dong. Rp 50 miliar pengajuan untuk sumur resapan dan kolam retensi. Ini sudah diajukan tapi belum ada tanda-tanda," imbuh Bima. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0