Jalan Nasional Siap Dilalui Kendaraan di Natal dan Tahun Baru :: Nusantaratv.com

Jalan Nasional Siap Dilalui Kendaraan di Natal dan Tahun Baru

Kendati jalan tol Trans Jawa telah terhubung, jalan nasional juga tetap diperhatikan
Jalan Nasional Siap Dilalui Kendaraan di Natal dan Tahun Baru
Jalan Pantura. (Net)

Jakarta, Nusantaratv.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengatakan jalan nasional siap menghadapi peningkatan volume kendaraan akibat Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Truk ODOL Diminta Tak Lewat Jalan Tol 

​​​​​​Menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Kementerian PUPR, Sugiyartanto, kendati jalan tol Trans Jawa telah terhubung sepenuhnya dari Merak, Banten hingga Pasuruan, Jawa Timur, dan terkoneksi dengan sebagian tol Trans Sumatera dari Lampung hingga Sumatera Selatan, kondisi jalan nasional tetap dapat dipergunakan.

Kemantapan jalan nasional di Pulau Jawa, baik di Pantai Utara, Lintas Tengah, Lintas Selatan dan Pantai Selatan (Pansel) serta Lintas Penghubung, dapat dilalui dengan nyaman oleh pengendara. Pihaknya menjamin, 4.694 kilometer jalan nasional Pulau Jawa siap dilintasi arus kendaraan pada natal dan tahun baru.

"Kondisi kemantapan jalan nasional (di Jawa) sudah di atas 90 persen untuk seluruh ruas, Pantura sekitar 97 persen, Lintas Tengah 93 persen, Lintas Selatan 98 persen, hanya Pansel Jawa yang masih 83 persen," ujarnya, Rabu (11/12/2019).

Untuk jalur Pantai Selatan (Pansela), kata dia, khusus wilayah Jawa Barat sudah tersambung seluruhnya. Tapi untuk di Jawa Timur, masih ada beberapa titik yang belum terhubung. Selain jalan nasional di Jawa, Sugiyartanto menegaskan akan menjaga lintas-lintas utama di setiap pulaunya, baik Sumatera, Bali, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

"Perhatian diberikan untuk kawasan timur Indonesia, yang menjadi konsentrasi umat Nasrani merayakan hari raya natal," jelasnya. 

Pihaknya turut mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana alam pada ruas-ruas jalan nasional pada saat natal dan tahun baru. Antisipasi dilakukan dengan pendirian posko-posko Siaga Sapta Taruna, terutama pada titik-titik jalan nasional yang rawan longsor, banjir dan bencana alam lainnya.

Posko disiagakan dengan petugas jaga yang dilengkapi material dan peralatan berat pendukung.

"Sama seperti posko di jalan tol di sejumlah rest area, di jalan nasonal juga kami siapkan. Kami berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan dan Korlantas dalam menyiapkan posko-nya,"tandasnya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0