Jabar Ikutan Pindah Ibu Kota, Ini Calon Wilayahnya :: Nusantaratv.com

Jabar Ikutan Pindah Ibu Kota, Ini Calon Wilayahnya

Ibu kota Jabar rencananya bakal dipindah
Jabar Ikutan Pindah Ibu Kota, Ini Calon Wilayahnya
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Detik.com)

Jakarta, Nusantaratv.com - Seperti halnya ibu kota negara, ibu kota Provinsi Jawa Barat (Jabar) juga berencana dipindahkan. Hal ini diungkapkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. 

Emil, sapaan akrabnya, mengaku telah bersepakat dengan DPRD Jabar mengkaji wacana pemindahan pusat pemerintahan dan ibu kota Jabar. Ide tersebut muncul ketika ia menggelar rapat pembahasan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jabar bersama Pansus VII, awal pekan lalu.

"Kemarin RTRW Jabar sudah disahkan untuk sampai 2029. Di dalamnya Rebana sudah masuk kan, penataan jalur transportasi sudah masuk, termasuk persetujuan wacana pusat pemerintahan untuk dikaji dulu di beberapa lokasi," kata Emil, Kamis (29/8/2019).

Kendati setiap wilayah berkesempatan menjadi ibu kota baru, menurut 
Emil sudah ada tiga lokasi yang diusulkan. Antara lain Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, serta di sekitar wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka).

Tegalluar dan Walini merupakan wilayah yang masuk kawasan pengembangan jalur kereta cepat Bandung-Jakarta.

Sementara wilayah Rebana (Cirebon, Patimban, Majalengka) ialah kawasan pengembangan ekonomi baru Jabar.

"Ada di Tegalluar, Walini, atau Rebana juga. Terbuka sebenarnya, tapi sementara tiga tempat itu. Indikatornya, semua kemungkinan butuh kajian, minim risiko, aksesibilitas, tingkat ekonomi, ketersediaan air, dan lain-lain," jelas Emil. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0