Iksan, Kau Pembangkit Mimpi Anak Kepulauan :: Nusantaratv.com

Iksan, Kau Pembangkit Mimpi Anak Kepulauan

Pulau Sapeken Menjadi Salah Satu Gugusan Kolam Yang Mewaenai Bingkai Nusantara
Iksan, Kau Pembangkit Mimpi Anak Kepulauan
Pantai pulau sapeken. Foto: Rifki

Jakarta, Nusantaratv.com - Pulau Sapeken menjadi salah satu gugusan kolom yang mewarnai bingkai Nusantara. 

Pulau Sapeken secara geografis terletak di Madura paling ujung, masuk kabupaten Sumenep, Provinsi Jawa Timur.

Anehnya, penduduk Sapeken tidak bisa berdialog bahasa Madura, bahasa yang dipakai sehari-harinya bahasa bajo.

Pulau Sapeken, Pusat Kota kecamatan Sapeken. dihuni sekitar kurang lebih 5000 penduduk, pulau Sapeken dikenal dengan suku Bajo, orang laut.

Mayoritas penduduk Sapeken menggantungkan hidupnya kepada laut, memancing, menjaring ikan adalah aktifitas setiap harinya. Tak sedikit ekonomi masyarakat nya menengah ke bawah.

Sperti yang dilansir Nusantaratv dari laman youtobe Raden Budiarta. Merilis vidio berjudul, 'Tak Ada Batas' yang sudah ditonton 1.991X, (16/10/2018).

"Sudah menjadi pemandangan umum jika melihat Siswi di sini (Pulau Sapeken) yang bekerja menjadi buruh kasar. Memancing, dan ikut menjaring ikan. Sebuah realita, di mana seorang siswa yang bekerja menjad nelayan membantu orang tuanya. Bahkan orang tuanya lebih mementingkan anaknya ikut melaut," Tulisnya di laman akun youtobe Raden Budiarta.

"Iksan namanya dia kelas 12 SMA Negri 1 Sapeken. Anak Suku Bajo yang hidup di bawah garis kemiskinan. Namun, iksan sebenarnya sangat bersemangat mengikuti kegiatan sekolah, keterlambatan masuk sekolah sudah menjadi kebiasaan Iksan. Bukan karena malas karena pada malam harinya, Iksan ikut bapaknya melaut yang berprofesi sebagai nelayan," tambanya.

Harapan penulis. semoga kisah heroik ksan bisa merangsang  Mimpi-mimpi anak Negri ini. Terutama anak kepualauan Sapeken. (Mufit)

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0