Hari Habitat Dunia 2019 Jadi Momentum untuk Prioritaskan Pengelolaan Sampah Perkotaan :: Nusantaratv.com

Hari Habitat Dunia 2019 Jadi Momentum untuk Prioritaskan Pengelolaan Sampah Perkotaan

Menteri Basuki mengatakan bahwa Hari Habitat Dunia 2019 sebagai momentum untuk prioritaskan pengelolaan sampah perkotaan.
Hari Habitat Dunia 2019 Jadi Momentum untuk Prioritaskan Pengelolaan Sampah Perkotaan
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam acara puncak peringatan HHD dan HKD di Waduk Jatiluhur, Purwakarta/ PUPR

Jakarta, Nusantaratv.com - Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan menjadi isu dunia dengan diangkatnya Frontier Technologies as an Innovative Tool to Transform Waste to Wealth sebagai tema Hari Habitat Dunia (HHD) 2019. HHD ditetapkan oleh PBB diperingati setiap tahun pada setiap Senin pertama bulan Oktober. 

Selain itu, pada setiap 31 Oktober diperingati sebagai Hari Kota Dunia (HKD) dimana tahun ini mengangkat tema Changing the World: Innovations and Better Life for Future Generations.

Baca Juga: Ketegasan Indonesia Tolak Kiriman Limbah Beracun dari Berbagai Negara

"Ada dua kata kunci pada tema Hari Habitat Dunia 2019, yaitu Sampah dan Inovasi. Permasalahan pengelolaan sampah terjadi di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk itu dalam lima tahun ke depan, saya akan memprioritaskan penanganan sampah dalam program kerja Kementerian PUPR," ujar Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono di Waduk Jatiluhur, Purwakarta, beberapa waktu lalu.

Menteri PUPR mengatakan, pengelolaan sampah harus dikerjakan dengan sungguh-sungguh melibatkan semua sektor baik oleh Pemerintah Pusat dan Daerah, swasta maupun masyarakat. 

"Penanganan sampah tidak bisa diselesaikan jika hanya menjadi pekerjaan sambilan saja. Harus fokus seperti halnya perintah Presiden dalam bekerja, agar bisa memberikan dampak ke masyarakat," kata Menteri PUPR.

Untuk itu, ia menyatakan akan menjadikan tema HHD tahun 2019 menjadi momentum peningkatan prioritas pengelolaan sampah di Indonesia.

"Isu penanganan sampah harus digaungkan terus, jadi saya tidak ingin melupakan tema tahun ini untuk mengelola sampah lebih baik bersama seluruh pemangku kepentingan seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dan Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi)," ungkap Menteri PUPR.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0