Gubernur Sumut Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian :: Nusantaratv.com

Gubernur Sumut Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian

Panen Padi di Simalungun, Gubernur Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian
Gubernur Sumut Minta Tidak Ada IMB di Lahan Pertanian
Gerakan Panen Padi di Nagori, Simalungun/ Kemendagri

Simalungun, Nusantaratv.com - Pemerintah kabupaten/kota terus bersinergi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) dalam upaya membangun desa menata kota, menuju Sumut yang agraris dan bermartabat. Adapun upaya yang ditempuh antara lain dengan melestarikan lahan pertanian dan tidak memberikan Izin Mendirikan Bangunan (IMB) di lahan pertanian.

Hal tersebut disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menghadiri Gerakan Panen Padi di Desa Nagori Maligas Bayu dan Nagori Mancuk, Kecamatan Hutabayu Raja, Kabupaten Simalungun, Senin (9/12/2019). 

Menurut Gubernur Sumut, kebutuhan bahan pangan khususnya beras, terus meningkat, seiring bertambahnya jumlah penduduk di daerah ini. Namun di sisi yang lain, luas lahan pertanian terus berkurang dan semakin menyempit.

Baca Juga: Sebanyak 39.000 Sertifikat Tanah di Provinsi Gorontalo Siap Dibagikan

Oleh karena itu, Gubernur Sumut meminta pemerintah kabupaten/kota untuk dapat kerja sama agar tidak memberikan IMB kepada siapa pun yang ingin mendirikan bangunan di atas lahan pertanian.

"Saya minta, Bupati Simalungun agar jangan dikasi itu IMB. Nanti bisa habis lahan kita," ujar Gubernur Sumut yang.

Gubernur Sumut juga menyampaikan, pertanian atau tanaman pangan sejatinya menjadi andalan Provinsi Sumut  yang begitu subur tanahnya. Karena itu, dirinya memberikan perhatian lebih kepada masyarakat yang berkecimpung di sektor ini.

"Kita sudah mulai harus ke sana semua. Inilah hidup kita, bertani. Dulu kenapa Belanda datang menjajah, karena suburnya tanah ini. Tetapi sekarang kita hampir lupa," kata Gubernur Sumut.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0