Cegah Corona, Pedagang Pasar dan Orang-orang di Terminal Jabar Dites Massal :: Nusantaratv.com

Cegah Corona, Pedagang Pasar dan Orang-orang di Terminal Jabar Dites Massal

Ada tiga kelompok rentan tertular corona yang akan menjalani tes massal virus corona
Cegah Corona, Pedagang Pasar dan Orang-orang di Terminal Jabar Dites Massal
Ridwan Kamil.

Bandung, Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) bakal terus menggencarkan tes massal virus corona dengan menyasar tiga kelompok masyarakat yang aktivitas dan interaksinya rentan. 

Baca juga: Hadapi Corona, Masyarakat Diminta Jalani 'Hidup Baru' 

Antara lain, pasien dalam pengawasan (PDP) covid-19, keluarga dan orang-orang terdekatnya. Lalu, tenaga medis yakni dokter serta perawat. Ketiga, pedagang di pasar sampai mereka yang bekerja di terminal.

"Ketiga profesi yang rentan berinteraksi dengan kerumunan. Sudah terbukti saat dites ada petugas terminal dan pedagang pasar (positif). Jadi menginfikasikan kerumuman punya potensi terhadap covid-19," ujar Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Sabtu (16/5/2020). 

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, wilayahnya sedang gencar melakukan pengujian massal corona sebagai antisipasi penularan pandemi itu. Total, sekitar 110 ribu warga dites menggunakan rapid test dan tes swab menggunakan metode polymerase chain reaction (PCR). 

Pemprov menargetkan melakukan pengetesan kepada 300 ribu warga atau 0,6 persen dari 50 juta masyarakat Jabar.

"Jabar kan baru 110 ribu. Kami masih ada kekurangan tapi bantuan BNPB yang dukung kami maka kami garap dalam waktu dekat bisa melakukan pengecekan sampai 300 ribu," tutur Emil. 

Menurut Emil, pada pekan ini sudah 15 ribu warga yang bekerja di pasar-pasar dan terminal dites corona. Satu persen di antaranya dinyatakan positif covid-19.

"Jadi minggu ini kami sudah tes 15 ribu orang di pasar-pasar dan terminal. Dan memang hasilnya satu persen ditemukan positif," tandas mantan Wali Kota Bandung.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0