Biar Kapok! Polisi Tangkap Penolak Jenazah Perawat Korban Corona :: Nusantaratv.com

Biar Kapok! Polisi Tangkap Penolak Jenazah Perawat Korban Corona

Pelaku yang salah satunya ketua RT, dijerat pasal berlapis
Biar Kapok! Polisi Tangkap Penolak Jenazah Perawat Korban Corona
Tim Dit Samapta Polda Metro Jaya untuk mengatasi penolakan jenazah korban covid-19.

Semarang, Nusantaratv.com - Polisi akhirnya menangkap masyarakat penolak pemakaman jenazah perawat yang tertular corona di TPU Sewakul, Ungaran, Kabupaten Semarang, Sabtu (11/4/2020). 

Baca juga: PPNI Minta Penolak Jenazah Perawat Korban Corona Diproses Hukum 

Ada tiga orang yang ditangkap petugas Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah (Jateng). Antara lain ketua RT setempat dan dua warga, yakni THR (31), BSS (54) dan S (60).

"Dari pendalaman penyelidikan, apa yang dilakukan ketiganya sudah masuk dalam pelanggaran hukum," ujar Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jateng Kombes Budhi Haryanto di kantornya, Semarang, Sabtu (11/4/2020). 

Menurut Budhi, para pelaku saat ini tengah  diperiksa penyidik. Mereka diduga melanggar Pasal 14 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Penanggulangan Wabah serta Pasal 212 dan Pasal 214 KUHP.

Dalam menangani kasus penolakan jenazah perawat di RSUP Kariadi bernama Nuria Kurniasih itu, polisi mempertimbangkan aspek psikologis, yuridis dan sosiologi.

Aspek psikologi, kata Budhi terkait dengan penanganan prosedur standar kesehatan terhadap jenazah korban covid-19.

Sedangkan aspek yuridis, warga atau masyarakat siapa pun tak boleh melawan hukum dengan memprovokasi melarang pemakaman jenazah pasien corona di suatu tempat. Adapun secara sosiologis, kasus ini harus menjadi pembelajaran bagi masyarakat lain agar tak terulang kembali.

"Kami sangat hati-hati dalam menangani kasus ini, tidak serta-merta hanya aspek yuridisnya saja," jelas Budhi. 

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
3
love
14
funny
0
angry
0
sad
0
wow
1