Berikut Ini Usulan Proyek Strategis Sumut kepada Pemerintah Pusat :: Nusantaratv.com

Berikut Ini Usulan Proyek Strategis Sumut kepada Pemerintah Pusat

Temu Ramah Gubernur dengan Menteri PPN, Usulan Proyek Strategis di Sumut Dapat Sambutan Pusat
Berikut Ini Usulan Proyek Strategis Sumut kepada Pemerintah Pusat
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi/ Kemendagri

Medan, Nusantaratv.com - Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi menyambut kedatangan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Suarso Monoarfa di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Medan, (21/12/2019). Dalam kunjungan tersebut, usulan Prioritas Proyek Strategis di Sumut mendapat sambutan dari pemerintah pusat.

Penerimaan usulan tersebut disampaikan Menteri PPN /Kepala Bappenas Suharso Monoarfa saat menggelar Temu Ramah bersama Jajaran Pemerintah Provinsi Sumut

Kesempatan tersebut, Menteri PPN menyaksikan paparan Edy Rahmayadi terkait rencana utama pembangunan strategis di Sumut, seperti Medan-Binjai-Deli Serdang-Karo (Mebidangro) hingga 2023. Di antaranya Pembangunan Pusat Olah Raga, Light Rapid Transit (LRT) dan Bus Rapid Transit (BRT), Tol Dalam Kota, dan lainnya, yang diharapkan dapat menjadi bagian dari dokumen Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN).

Baca Juga: Rampung Desember 2020, Jokowi Berharap UIII Jadi Kampus Masa Depan Kajian Peradaban Islam

"Beberapa poin yang disampaikan dan diajukan kepada kita, semua itu telah masuk dalam RPJMN kita. Apalagi saat ini, sedang diproses Perpres (Peraturan Presiden) tentang Percepatan Pembangunan Sumatera Utara. Karena Sumut menjadi satu mesin pertumbuhan Indonesia, sehingga masuk dalam fokus perhatian pemerintah (pusat)," ujar Menteri PPN.

Ditegaskan Menteri PPN bahwa saat ini, Kementerian PPN berperan sebagai perumus kebijakan dan peraturan. Sehinga masing-masing lembaga pemerintahan khususnya kementerian tidak saling mendahului.

"Kalau sudah lengkap semua master plan (rencana utama) dan kajiannya, itu akan menjadi ranah kita. Maka segera, kirim surat seperti itu (terkait rencana pembangunan), nanti kami teruskan dan kami akan undang Gubernur," kata Menteri PPN.

Mendapat tanggapan dari Menteri PPN soal penerimaan pemerintah pusat terhadap usulan tersebut, Gubernur Sumut  pun menyampaikan beberapa harapan, terkait bantuan seperti pengadaan lahan yang pada dasarnya, menjadi kewenangan pemerintah pusat.

"Kami butuh ada kebijakan pusat untuk membantu menangani beberapa proses seperti pembebasan lahan, seperti lahan milik PTPN 3 di Sei Mangkei," ungkap Gubernur Sumut.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0