Berikut Ini 3 Persyaratan Agar Urbanisasi Berjalan Sukses :: Nusantaratv.com

Berikut Ini 3 Persyaratan Agar Urbanisasi Berjalan Sukses

Terdapat ada tiga syarat-syarat agar urbanisasi berjalan lancar dan tidak menjadi sebuah beban.
Berikut Ini 3 Persyaratan Agar Urbanisasi Berjalan Sukses
Ibukota DKI Jakarta/ Istimewa

Jakarta, Nusantaratv.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa saat ini urbanisasi tidak lagi dipandang sebagai beban namun merupakan peluang untuk berkembang. 

Namun terdapat tiga syarat agar urbanisasi tidak sebagai beban yakni direncanakan dengan matang (well-planned), didukung oleh regulasi yang mantap (well-regulated) dan dibiayai secara terencana dengan cermat (well-financed). 

"Melalui planning, regulasi, dan finance yang baik, urbanisasi bukan lagi beban, tetapi menjadi engine of growth," kata Menteri PUPR di Jakarta, (30/9/2019).

Baca Juga: Pembangunan Rusunawa Sekolah Guru di Manokwari Telah Rampung

Menteri PUPR menambahkan, rencana Pemerintah untuk memindahkan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, juga akan mengadopsi tiga syarat tersebut. 

Dengan demikian, pemindahan IKN diharapkan bisa menjadi pusat pertumbuhan kegiatan ekonomi wilayah. Terlebih, posisi Kalimantan Timur yang berada tepat di tengah-tengah Indonesia.

Menteri PUPR menerangkan bahwa negara Kazakhstan juga memiliki pengalaman saat membangun ibu kota baru nya di Astana. Saat itu kondisi ekonomi inflasi tinggi dan teknologi belum maju seperti sekarang, lokasinya berada di tengah negara dan kini menjadi gravitasi pertumbuhan di masa depan.

Menteri PUPR mengatakan Pulau Jawa akan jadi urbanized island dengan semakin terkoneksinya jalan tol. Jalan Tol Trans-Jawa akan dilengkapi dengan koridor di pantai utara, yakni dari Semarang, Gresik hingga Surabaya.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0