Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Jadi Pedoman Tata Ruang Sulteng :: Nusantaratv.com

Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Jadi Pedoman Tata Ruang Sulteng

Kementerian ESDM meluncurkan Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Indonesia kepada Pemprov Sulteng,
Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Jadi Pedoman Tata Ruang Sulteng
Sekda Pemprov Sulteng Muhammad Hidayat saat menerima atlas zona likuefaksi pedoman tata ruang/ ESDM

Sulawesi Tengah, Nusantaratv.com - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) menyambut gembira atas peluncuran 'Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Indonesia' oleh Badan Geologi, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) di Palu, Sulawesi Tengah (9/10/2019). 

Atlas tersebut selain dijadikan pedoman pembuatan rencana tata ruang juga menjadi referensi dalam menjawab pertanyaan masyarakat akan keamanan daerah yang mereka tinggali. Hal ini disampaikan langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi Sulteng Muhammad Hidayat.

"Saya berharap peta ini dapat menjadi acuan zona bahaya, zona siaga, zona aman, dan seterusnya bagi Pemerintah Daerah. Pemerintah Daerah tentunya akan menjadikan peta ini sebagai pedoman dalam merencanakan tata ruang," ujar Hidayat.

Baca Juga: Wapres JK Minta Pembangunan Huntap Korban Gempa Palu Segera Diselesaikan

Hidayat menambahkan, meski peta yang dikeluarkan masih belum spesifik untuk Provinsi Sulteng, namun menurutnya sudah cukup untuk dijadikan acuan penentuan tata ruang dan menjawab pertanyaan masyarakat yang menanyakan apakah wilayahnya aman untuk didiami atau sebaliknya.

"Ke depan masih diperlukan peta yang lebih rinci lagi untuk melengkapi dokumen rencana tata ruang (misalnya) peta 1:5.000 yang sudah lebih rinci lagi yang sudah terlihat mana-mana wilayah yang rawan," kata Hidayat.

Setahun pasca gempabumi dan likuefaksi Palu, Badan Geologi Kementerian ESDM meluncurkan 'Atlas Zona Kerentanan Likuefaksi Indonesia'. Peta tersebut mencantumkan tiga kategori untuk zona kerentanan likuefaksi. Satu zona kerentanan likuefaksi tinggi, sedang dan zona kerentanan likuefaksi rendah.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0