7 Tips Sukses Anne Avantie untuk Pemula Bisnis Fashion :: Nusantaratv.com

7 Tips Sukses Anne Avantie untuk Pemula Bisnis Fashion

Berdiri Sejak 30 Tahun Yang Lalu, Anne Avantie Jadi Desainer Senior Yang Menjajaki Industri Fashion Indonesia Bahkan Dunia.
7 Tips Sukses Anne Avantie untuk Pemula Bisnis Fashion
Anne Aventei bersama para pendukung Acara di fashion show

Jakarta, Nusantaratv.com - Berdiri sejak 30 tahun yang lalu, Anne Avantie jadi desainer senior yang menjajaki industri fashion Indonesia bahkan dunia. Ia memiliki ciri khas desain dan kecintaan yang mendalam pada budaya Indonesia. Tak heran jika kebayanya begitu otentik dan tak tergantikan.

Membesarkan labelnya hingga menjaga eksistensi bisnisnya di industri fashion tentu tidak mudah. Asam manis garam kehidupan telah dilalui. Untuk itu, Anne Avantie berbagi saran dan nasihat untuk para pemilik brand fashion di Indonesia, khususnya bagi yang masih merintis. Berdiri sejak 30 tahun yang lalu,Anne Aventei jadi desainer senior yang menjajaki industri fashion Indonesia bahkan dunia. Ia memiliki ciri khas desain dan kecintaan yang mendalam pada budaya Indonesia. Tak heran jika kebayanya begitu otentik dan tak tergantikan.

Membesarkan labelnya hingga menjaga eksistensi bisnisnya di industri fashion tentu tidak mudah. Asam manis garam kehidupan telah dilalui. Untuk itu, Anne Avantie berbagi saran dan nasihat untuk para pemilik brand fashion di Indonesia, khususnya bagi yang masih merintis.

Ia berbagi ilmu dan pengalamannya di acara Talkshow 'Apa Artinya Branding Tanpa Popularitas' di The Hall, Senayan City Jakarta hari Rabu (24/10/2018). Acara yang merupakan bagian dari Jakarta Fashion Week 2019 itu dihadiri oleh banyak tamu yang didominasi oleh penggiat fashion.
 

 

Berikut rangkuman nasihan Anne Avantie untuk kamu yang sedang merintis usaha fashion.

1. Popularitas Itu Dibentuk

Menurut Bunda, sapaan akrab sang desainer, popularitas itu tak datang dengan sendirinya. Popularitas itu bisa dibentuk dan direkayasa.

"Wah, fashion show Anna Avantie ramai yang datang ya, bejibun. Lho padahal itu dibuat lho. Jauh sebelumnya kami buat undangan dulu, biar banyak yang hadir. Terus orang-orang datang pakai baju Anne Avantie. Itu tak kasih sebelumnya. Jadi popularitas itu dibentuk," terang Anne Avantie.

2. Popularitas Itu Naik Turun

Ada kalanya kita di atas, ada pula di bawah. Anne mengaku sering tak dikenali orang-orang, tapi itu tak membuat dirinya sedih apalagi ciut. Ia pun pernah berada di titik rendah, sampai membayar listrik toko pun tak mampu.

Ketika populer, Anne berpesan jangan sombong. Karena kita tidak tahu siapa yang akan kita butuhkan saat kita terjatuh. Berbuat baiklah pada setiap orang. Begitupun saat terjatuh, jangan menyerah.

3. Jangan Takut Dicontek

Menurut Anne, karya yang mirip di antara desainer itu adalah hal yang wajar. Jikalau memang karya kita dicontek, yakinlah bahwa rezeki tidak akan tertukar.

"Anne Avantie ini yang nyontek banyak banget. Dari level bawah sampai atas, di berbagai negara di Indonesia. Tapi coba Anda lihat, apakah sekarang saya miskin?" candanya.

4. Terinspirasi Boleh, Terbiasa Mencontek Jangan

"Jangan pernah meng-claim itu pekerjaanmu sendiri. Terinspirasi orang lain itu hal biasa. Kenapa desainer bikin sesuatu yang mirip? Ya karena mata kita melek, bisa melihat inspirasi yang sama," tutur Anne.

Terinspirasi oleh sesuatu itu hal yang wajar. Namun, itu menjadi kesalahan ketika kita terbiasa mencontek karya orang lain. Menurut Anne, jika terbiasa mencontek, ide di kepala kita akan mati

5. Jangan Memarahi Karyawan

Anne Avantie sangat menjaga emosi dalam berhubungan dengan karyawannya. Menurut Anne, karyawan itu jangan hanya diberi gaji tapi juga perlakuan yang baik. Ketika ada sesuatu yang membuat kesal, atur nafas agar tetap stabil.

"Hilangkan kebiasaan memarahi karyawan. Kalau dia nggak masuk, kamu cariin kan? Dosa itu marah marah," tandas desainer asal Semarang ini.

6. Telinga Itu Tempatnya Anting, Jangan Dengar Semua Perkataan Orang

Saat berkarya, akan ada saja orang yang berkomentar buruk. Menurut Anne Avantie, tidak semua pendapat harus didengarkan. Yakinlah pada apa yang dilakukan, selama itu baik.

"Telinga itu tempatnya anting, bukan tempat dengar semua perkataan orang. Jangan takut dalam memulai sesuatu," tutur Anne.

7. Tanam Benih Kebaikan Sebanyak Mungkin

"Hidup itu seperti menanam benih, hukumnya adalah apa yang kamu tabur akan kamu tuai. Kalau kamu menanam biji manggis, nggak mungkin keluarnya mangga. Bercocok tanamlah sebanyak mungkin dengan baik. Jangan galak-galak ya," tandas desainer yang karyanya pernah dipakai sejumlah Miss Universe ini.

Pesan terakhir Anne untuk semua orang yang sedang merintis usaha adalah perbanyak kebaikan. Tetap rendah hati, tidak sombong, karena kita tidak akan tahu siapa yang akan kita butuhkan suatu hari nanti.

BAGIKAN

REAKSI KAMU

like
0
love
0
funny
0
angry
0
sad
0
wow
0